Cara Menurunkan Kolesterol

18 January 2010

Akibat nila setitik, rusak susu sebelanga. Begitulah peribahasa yang paling tepat menggambarkan kemunduran kesehatan seseorang yang disebabkan oleh kolesterol yang tinggi. Jika hal ini terjadi, Anda perlu menurunkan kolesterol. Rasanya baru kemarin Anda bisa tertawa lepas, bercengkerama dengan keluarga, ataupun menjalankan hobi Anda, namun sekarang kepala rasanya sering sekali pusing, badan pun menjadi mudah lelah, sakit jantung, stroke, sampai akhirnya badan Anda tergolek lemas di ranjang rumah sakit. Untuk menghindari hal-hal tersebut, kini sudah saatnya bagi Anda untuk mencari cara menurunkan kolesterol.

 

Setelah Anda periksa ke dokter, ternyata penyebabnya adalah kadar kolesterol yang sangat tinggi sehingga menyerang pembuluh darah di jantung. Padahal selama ini, Anda merasa sehat-sehat saja. Pada saat inilah Anda akan merasakan bahwa setiap detak jantung Anda begitu berarti. Ya, Anda tentunya tidak ingin ada momen indah bersama keluarga tercinta yang terlewati karena masalah penyakit jantung.

 

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga kadar kolesterol, karena seperti yang telah banyak diketahui, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Sebagai salah satu cara mengurangi kadar kolesterol yang tinggi, Anda harus mengatur pola makan Anda dengan menu yang lebih sehat, misalnya dengan membatasi asupan lemak dan menambah konsumsi serat.

 

Kolesterol dan Penyakit Jantung 

Kolesterol adalah sejenis lemak yang terdapat di dalam tubuh. Kolesterol sebenarnya berperan penting di dalam beberapa fungsi tubuh, di antaranya sintesis hormon dan garam empedu. Namun, kadar kolesterol yang tinggi justru berbahaya bagi kesehatan.

 

International Journal of Epidemiology menyatakan bahwa mereka yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi memiliki tingkat risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Diketahui bahwa untuk setiap 1 mmol/liter total kolesterol yang lebih tinggi daripada kadar kolesterol normal, risiko kematian akibat penyakit jantung akan meningkat hingga 35 %.

 

Menurunkan Kolesterol dengan Oat 

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, jangan khawatir dulu. Dengan mengikuti pola hidup yang sehat, kadar kolesterol pun dapat dikontrol. Salah satunya, dengan mengkonsumsi oat secara rutin. Hasil penelitian yang tercantum pada Cochrane Database of Systemic Reviews menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi oat ternyata memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

 

Manfaat oat untuk menurunkan kadar kolesterol ini diketahui berhubungan dengan kandungan serat beta-glucan yang terdapat di dalam oat. Seperti tercantum pada American Journal of Clinical Nutrition , serat beta-glucan pada oat terbukti dapat mendorong pengeluaran garam empedu sehingga mendorong penggunaan kolesterol darah untuk pembentukan kembali garam empedu. Akibatnya, kadar kolesterol darah pun turun. Selain itu, serat oat juga dapat membantu menghambat pembentukan kolesterol di dalam tubuh dan menurunkan kadar lemak di dalam tubuh.

 

Kini serat oat juga bisa ditemukan dalam susu maupun dalam cookies yang ditambahkan oat, sehingga semakin banyak cara yang lebih nikmat bagi Anda untuk mendapatkan manfaat sempurna oat bagi kesehatan Anda.

 

Pola Hidup Sehat juga Penting 

Namun, jangan lupa untuk tetap mengikuti pola hidup sehat. Menjauhi makanan tinggi lemak, menjaga berat badan, dan berolahraga secara teratur tetaplah penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Jangan sampai terlambat! Lindungi jantung Anda sejak dini dengan mengonsumsi oat secara teratur dan mengikuti pola hidup sehat. Jangan sampai kebahagiaan Anda di masa depan hilang terlalu cepat. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat menemukan penangkal handal bagi kolesterol jahat.

 

Memilih Makanan yang Sehat 

Salah satu cara sederhana untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mulai memperhatikan segala jenis makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda sudah terbukti memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sudah saatnya Anda mengatakan selamat tinggal pada daging berlemak, kulit, atau bahkan jeroan.

 

Selain itu, cobalah untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3. Mungkin jenis makanan ini tidak menurunkan kolesterol secara drastis, tetapi kandungan asam lemak omega-3 dapat menambah kadar kolesterol baik (HDL), mengurangi kadar trigliserida, dan menurunkan hipertensi. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan serat larut juga sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Pasalnya, serat larut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Contoh makanan yang mengandung serat larut adalah oat, buah-buahan, kacang-kacangan, lentil, dan sayuran.

 

Aktif Bergerak untuk Menurunkan Kolesterol 

Apakah Anda mengenal istilah “Mager” atau yang dikenal sebagai kepanjangan dari malas gerak? Nah, kondisi ini mungkin pernah dialami setiap orang, termasuk Anda. Terkadang kita merasa malas untuk berolahraga, bahkan bergerak seperti membersihkan rumah saja mungkin kita akan merasa malas. Ketahuilah bahwa aktif berolahraga setiap hari dapat membantu proses menurunkan kolesterol secara efektif. Cukup luangkan waktu minimal 30 menit sehari untuk melakukan aktivitas olahraga apapun.

 

Usaha ini tidak hanya untuk menurunkan kolesterol saja, lho. Dengan aktif berolahraga, Anda juga bisa memiliki berat badan yang lebih ideal. Anda bisa memilih berbagai macam aktivitas seperti bersepeda, berenang, dan cardio. Yuk, mulai aktif bergerak dan kurangi kebiasaan buruk “Mager” untuk menurunkan kolesterol!

 

Hentikan Kebiasaan Merokok 

Kebiasaan merokok sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. Lantas, saat ini apa hubungan antara merokok dan kolesterol? Penelitian membuktikan bahwa menghentikan kebiasaan merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 20 menit pertama setelah Anda berhenti merokok, tekanan darah akan menurun dan denyut jantung mulai stabil. Jika Anda menghentikan kebiasaan merokok sepanjang 1 tahun, maka risiko penyakit jantung dapat berkurang hingga 50 persen.

 

Membatasi Konsumsi Minuman Beralkohol 

Konsumsi alkohol yang berlebihan berkaitan dengan berbagai macam masalah kesehatan yang serius. Diketahui bahwa konsumsi alkohol yang tinggi berhubungan erat dengan penyakit darah tinggi, gangguan jantung, dan stroke. Jadi, ada baiknya Anda membatasi konsumsi alcohol.

 

Menurunkan Berat Badan 

Obesitas dianggap berkontribusi terhadap kadar kolesterol tinggi. Namun, percayalah jika Anda memulai untuk mengurangi berat badan Anda, maka kolesterol Anda juga akan menurun dengan sendirinya. Usaha untuk menurunkan kolesterol dengan cara menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan diet sehat dan lebih rajin berolahraga. Hindari diet instan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu agar Anda menjadi lebih bugar dan sehat.

 

Kolesterol juga sering disebut sebagai silent killer. Pasalnya, ketika seseorang terdiagnosis memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka ia tidak langsung terkena penyakit jantung atau stroke. Namun, kolesterol tinggi merupakan investasi jangka panjang untuk memperoleh penyakit berbahaya tersebut. Jadi, jika Anda ingin terhindar dari penyakit-penyakit kardiovaskular tersebut, cobalah untuk menurunkan kolesterol Anda. Untuk memastikan bahwa kadar kolesterol Anda tetap normal, lakukan pemeriksaan darah secara rutin.

 

 

Sumber:

mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/reduce-cholesterol/art-20045935

pritikin.com/your-health/health-benefits/lower-cholesterol/1468-7-tips-for-improving-your-ldl-cholesterol.html

 



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *