Pelajari Manfaat Tomat untuk Kesehatan Jantung Anda

4 January 2016

Terhindar dari risiko penyakit jantung tentu adalah keinginan setiap orang. Namun, upaya apa sajakah yang sudah Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung? Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengonsumsi makanan sehat untuk jantung . Tomat merupakan salah satu makanan yang sering disarankan oleh dokter jantung guna menjaga kesehatan jantung pasiennya.

 

Tomat merupakan buah yang kaya antioksidan, vitamin A dan C. Di samping itu, tomat juga memiliki kandungan lycopene yang dapat diperoleh dari buah-buahan, seperti wortel atau semangka. Beberapa studi dan penelitian menyatakan bahwa lycopene berperan penting dalam memelihara kesehatan jantung, serta mencegah risiko kanker.

 

Selain dikenal sebagai makanan sehat untuk jantung, tomat juga memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan, antara lain adalah:

 

Membantu Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa risiko kanker, seperti kanker ovarium dan kanker usus besar, dapat diturunkan dengan rutin mengonsumsi tomat. Lycopene pada tomat dapat menurunkan risiko kanker ovarium pada wanita muda (pre-menopause).

 

Mengontrol Tekanan Darah

Dewasa ini, masalah hipertensi cukup sering dialami oleh masyarakat. Namun, konsumsi tomat dapat membantu menurunkan risiko pre-hipertensi.

 

Mencegah Katarak

Tak hanya wortel yang baik untuk kesehatan mata, tomat juga dapat mencegah risiko katarak. Konsumsi 3 piring tomat dalam seminggu dapat menurunkan risiko katarak.

 

Meringankan Gejala Asma

Rutin mengonsumsi tomat juga dapat membantu mengurangi gejala asma.

 

Untuk menjaga kesehatan jantung, konsumsi buah tomat secara teratur dapat menjadi salah satu alternatif. Selain itu, mulailah gaya hidup sehat untuk menghindari risiko penyakit jantung .

 

 

Source:

everydayhealth.com/columns/jared-bunch-rhythm-of-life/tomato-day-keeps-heart-doctor-away/

webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-900-tomato.aspx?activeingredientid=900&activeingredientname=tomato

Diakses pada 8 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *