Pantangan Makanan dan Minuman untuk Darah Tinggi

4 June 2015

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda harus lebih memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Sama halnya dengan diabetes yang penderitanya harus mengurangi konsumsi gula, hipertensi pun memiliki pantangan pada makanan dan minuman tertentu. Apa sajakah makanan dan minuman yang menjadi pantangan darah tinggi? Apakah makanan dan minuman tersebut bisa kita konsumsi sehari-hari? Mari cari tahu kebenarannya!

 

Beberapa makanan dan minuman yang merupakan pantangan darah tinggi ini cukup familiar di dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, bisa jadi ini merupakan makanan dan minuman favorit Anda:

 

Garam
Anda memang tidak memakan garam secara langsung, tetapi banyak garam tersembunyi di dalam makanan yang biasa Anda konsumsi. Penderita hipertensi disarankan untuk tidak mengonsumsi garam lebih dari 1500 mg per hari. Namun, kebanyakan orang mengonsumsi garam hingga 3400 mg per hari. Pasalnya, garam tidak hanya terdapat pada masakan saja, tetapi juga pada makanan yang diawetkan dan saus.

Daging olahan
Daging olahan seperti bacon atau sosis mengandung cukup banyak natrium. Sebanyak 2 ons daging olahan mengandung 600 mg natrium bahkan lebih. Belum lagi garam yang tersimpan di dalam pelengkap bacon, seperti pada roti, keju, bumbu dan acarnya.

Pizza beku
Produk yang satu ini cukup praktis, karena konsumennya hanya perlu memanaskannya di dalam microwave. Akan tetapi, untuk membuat cita rasa pizza beku semakin nikmat, produsennya menambahkan banyak garam ke dalamnya. Seperenam dari pizza beku mengandung 1000 mg garam.

Acar
Untuk menjadi acar, mentimun harus melewati proses pengawetan menggunakan garam. Mentimun tersebut direndam dengan banyak garam. Sekaleng kecil acar diawetkan dengan menggunakan 300 mg garam.

Kulit
Penderita hipertensi harus mengurangi konsumsi kulit ayam, bebek, maupun sapi. Kulit mengandung banyak lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat Anda. Peningkatan kolesterol jahat dapat memperburuk hipertensi Anda.

Kopi
Kopi berkontribusi pada hipertensi Anda. Begitu pula dengan minuman-minuman berkafein lainnya, seperti soda atau teh yang mengandung kafein.

Alkohol
Tingkat konsumsi alkohol yang cukup tinggi dapat membuat konsumennya memiliki risiko atau memperburuk hipertensi yang sudah dimilikinya. Jika penderita hipertensi tetap mempertahankan kebiasaan konsumsi alkohol secara berlebih, risikonya adalah kerusakan pada dinding pembuluh darah.

 

Apakah makanan dan minuman di atas ada yang menjadi favorit Anda? Jika ya, kurangi konsumsi makanan dan minuman pantangan darah tinggi tersebut untuk mencegah atau tidak memperburuk tekanan darah tinggi Anda.

 

 

Source:

healthline.com/health/high-blood-pressure-hypertension/foods-to-avoid#Strategies2

highbloodpressure.about.com/od/lifeafterdiagnosis/tp/favoid_tp.htm


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *