Pangkas Risiko Obesitas dengan Labu Parang

3 November 2015

Dewasa ini, kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap kali dialami sebagian orang. Namun, Anda dapat mengurangi risiko obesitas dengan menjalankan pola hidup sehat .dengan nutrisi yang tetap seimbang.

 

Dalam menjalankan pola hidup sehat, salah satu kelompok makanan sehat  yang penting adalah buah-buahan. Buah mengandung kalori rendah sekaligus kaya nutrisi dan vitamin. Sebagai contoh adalah labu parang.  Ya, labu yang digunakan untuk jack-o-lantern pada Halloween ini merupakan salah satu makanan sehat  yang dapat dijadikan salah satu menu makanan Anda ketika sedang menjalani diet menurunkan berat badan.

Menurut USDA National Nutrient, semangkuk labu parang yang diolah dengan cara direbus tanpa garam mengandung 49 kalori, 1,76 gram protein, 0,17 gram lemak, dan 12 gram karbohidrat. Di samping itu, labu parang juga tidak mengandung kolesterol. Makanan sehat  satu ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, riboflavin, tembaga, thiamin, folat, zat besi, magnesium dan fosfor.

Seperti buah yang lainnya, labu parang merupakan sumber serat yang baik. Penelitian telah memperlihatkan, makanan dengan serat tinggi dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan jangka panjang melalui beberapa mekanisme sebagai berikut : Makanan yang tinggi serat menghabiskan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga meningkatkan perasaan kenyang, memperlambat pengosongan lambung, menurunkan konsentrasi serum insulin (adanya insulin dalam darah akan memicu rasa lapar), menurunkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, dan kemungkinan menstimulasi pelepasan peptida yang mempengaruhi rasa kenyang, yang kesemuanya mendukung pencapaian berat badan sehat.

 

Agar pola hidup sehat Anda lebih berwarna, kombinasikan pula buah-buahan yang Anda konsumsi dengan sayuran. Sebab, kombinasi komponen bioaktif dalam buah dan sayur juga dapat saling bersinergi dan dapat memberikan manfaat yang lebih optimal bagi tubuh.

 

Jadi ayo mulai buat daftar makanan sehat Anda mulai hari ini dengan memasukan buah dan sayuran!

 

 

Source:

medicalnewstoday.com/articles/279610.php

webmd.com/food-recipes/pumpkin-recipes-packed-nutrition?page=2

mayoclinic.org/healthy-living/nutrition-and-healthy-eating/expert-blog/pumpkin-nutrition/bgp-20056207

Health benefits and practical aspects of high-fiber diets. Am J Clin Nutr 1994. 59(suppl): 12425-75.

Diakses pada 6 April 2015

 

Kindly link to:

http://www.tropicanaslim.com/pola-hidup-sehat-ala-tropicanaslim-anti-diabetes-hipertensi

Kindly link to:

http://www.tropicanaslim.com/pola-hidup-sehat-ala-tropicanaslim-anti-diabetes-hipertensi

Kindly link to:

http://www.tropicanaslim.com/pola-hidup-sehat-ala-tropicanaslim-anti-diabetes-hipertensi

Kindly link to:http://www.tropicanaslim.com/pola-hidup-sehat-ala-tropicanaslim-anti-diabetes-hipertensi


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *