Oatmeal untuk Kesehatan Jantung Anda

12 November 2015

Makanan seperti apa sih yang sehat untuk jantung?

 

Pertanyaan ini mungkin masih sering terlintas di benak Anda ketika mendengar banyak orang terkena serangan penyakit jantung. Konsumsi makanan apapun sebenarnya baik untuk kesehatan, asalkan tidak dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan. Nah, salah satu jenis makanan sehat untuk jantung  yang paling mudah diolah adalah oatmeal.

 

Oatmeal, makanan yang memiliki nama latin Avena sativa ini termasuk dalam kelompok sumber karbohidrat yang mengandung serat beta glucan. Serat beta glucan dalam oatmeal bermanfaat untuk menstabilkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah yang erat kaitannya dengan risiko penyakit jantung.

 

Hal ini sudah dibuktikan dengan publikasi hasil penelitian bertajuk “Oats at 10 Years” pada American Journal of Lifestyle Medicine. Saat kestabilan kadar kolesterol dalam darah terjaga, risiko gangguan pembuluh darah dan penyakit jantung lainnya juga bisa diminimalkan. Hal ini karena jumlah kolesterol yang stabil akan menurunkan risiko penumpukan plak atau pengerasan dinding pembuluh darah. Aliran darah menjadi lancar sehingga tekanan darah dan kinerja jantung menjadi stabil.

 

Serat beta glucan pada oatmeal juga membuat Anda kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Hasilnya, Anda tidak lagi tergoda untuk mengonsumsi asupan kalori yang berlebihan dan risiko peningkatan berat badan pun bisa diminimalkan. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena kegemukan atau obesitas juga merupakan faktor penyebab dari gangguan pembuluh darah dan jantung.

 

Agar hidangan oatmeal jadi makin menarik dan menggugah selera, mulailah mencari referensi resep oatmeal yang sehat dan bergizi. Lengkapi hidangan oatmeal Anda dengan tambahan sumber protein hewani, sayuran, kacang-kacangan atau buah sesuai dengan selera Anda. Konsumsi makanan sehat untuk jantung tidak harus mahal dan  membosankan, bukan?   

 

 

Source:

symptomfind.com/nutrition-supplements/health-benefits-of-oatmeal/

webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-814-oats.aspx?activeingredientid=814&activeingredientname=oats

medicalnewstoday.com/articles/270680.php

Diakses pada : 15 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *