Ngemil, Karena Suka atau Lapar?

12 April 2015

Ngemil di sela-sela bekerja boleh-boleh saja. Tetapi, apa yang menjadi alasan Anda untuk mengemil? Apakah karena suka dengan makanan tersebut atau memang lapar dan ingin mengisi perut? Nafsu makan adalah hasrat atau keinginan untuk makan. Anda akan mendapatkan nafsu makan tersebut ketika melihat, mencium atau memikirkan sesuatu yang menurut Anda lezat. Ketika Anda tertarik dengan aroma atau bentuk makanan yang dilihat dan dibayangkan, secara tidak langsung otak akan mengirimkan sinyal untuk segera memakan hidangan tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa appetite dipengaruhi oleh otak serta kebiasaan manusia.

 

Jika rasa lapar mengharuskan Anda untuk mengisi perut, lain halnya dengan appetite. Karena nafsu makan dapat dikontrol jika Anda memiliki niat. Tips hidup sehat kali ini akan menyarankan Anda untuk mengontrol appetite tersebut. Biar bagaimana pun, Anda sendirilah yang dapat memberi perintah pada otak untuk mengontrol nafsu makan Anda.

 

Entah itu rasa lapar atau sekadar nafsu makan, Anda bisa kok mengatasinya dengan pola makan sehat. Berikut adalah pola makan sehat yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi rasa lapar dan nafsu makan yang berlebihan:

  1. Perkaya menu makanan Anda dengan sayuran, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut mengandung serat yang cukup tinggi untuk mengurangi nafsu makan berlebih.
  2. Makan sup sebagai hidangan pembuka terbukti dapat mengurangi nafsu makan berlebihan. Pasalnya, sup yang dinikmati sebelum makan dapat membuat perut Anda lebih kenyang. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu banyak mengonsumsi main course yang mengandung kalori lebih tinggi. Anda bisa menikmati sup kacang merah atau sup sayuran sebagai appetizer.
  3. Konsumsi susu low-fat pagi hari. Protein yang terkandung di dalamnya dapat membuat perut Anda merasa kenyang sekaligus mengurangi nafsu makan berlebih.
  4. Jika ingin ngemil, pilihlah makanan yang rendah lemak dan menyehatkan, seperti makanan olahan kedelai atau buah-buahan seperti apel dan pisang.
  5. Saat makan, pastikan Anda menyantap hidangan secara perlahan dan tidak tergesa-gesa. Hal ini karena otak membutuhkan waktu 20 menit untuk menerima pesan bahwa perut Anda sudah kenyang dan Anda harus berhenti makan.

 

Di dalam pola makan yang sehat, kegiatan mengemil memang dianjurkan. Namun, hal ini tetap perlu diimbangi dengan pemilihan makanan yang menyehatkan dan kontrol nafsu makan yang benar. Jika tidak, bukannya sehat, Anda malah hanya meningkatkan berat badan. Anda tentu tak menginginkan hal ini, bukan?

 

Sumber:

tropicanaslim.com/appetite-vs-hunger

webmd.com/diet/features/top-10-ways-to-deal-with-hunger

Diakses pada 13 Agustus 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *