Nasi Merah Cocok untuk Penderita Diabetes Melitus

7 August 2015

Nasi telah menjadi bahan pokok dan sumber karbohidrat bagi orang Indonesia. Sayangnya, konsumsi nasi putih dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko diabetes. Bahkan tidak jarang, dokter gizi klinik membatasi konsumsi nasi putih bagi diabetesi. Bagi orang Indonesia, apabila belum makan nasi rasanya seperti belum makan.

 

Apakah ada sumber alternatif karbohidrat lain selain nasi putih, terutama bagi diabetesi?

 

Nasi putih memang memiliki citarasa yang digemari banyak orang serta mudah dipadupadankan dengan penganan lain. Namun, nasi putih tergolong sangat mudah membuat gula darah  naik karena nasi putih memiliki glycemic index yang tinggi, yakni berkisar di angka 80. Glycemic index yang tinggi membuat gula darah mudah melesat naik sesaat setelah Anda mengonsumsi nasi putih. Hasilnya, kadar gula darah penderita diabetes melitus dapat meningkat tajam.

 

Tahukah Anda, terdapat alternatif nasi putih bagi para penderita diabetes melitus  sebagai sumber karbohidrat. Tidak semua nasi harus dihindari diabetesi, contohnya nasi merah. Nasi merah memiliki kandungan serat, mineral, dan antioksidan yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan nasi putih. Lebih hebatnya lagi, nasi merah memiliki nilai indeks glikemik kurang dari 50 yang artinya tergolong memiliki glycemic index yang rendah. Tak hanya sampai disitu, nasi merah juga memiliki cita rasa yang enak serta mudah dipadupadankan dengan lauk pauk pada umumnya. Jadi tidak perlu pusing memilih lauk yang cocok.

 

Tak ada salahnya untuk mulai mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah. Mencicipi varian hidangan yang berbeda dan lezat namun tak membuat gula darah Anda melesat berlebihan tentu sangat menyenangkan, bukan?

 

 

Sources :
http://www.health.harvard.edu/healthy-eating/glycemic_index_and_glycemic_load_for_100_foods
http://www.webmd.com/diabetes/diabetic-food-list-best-worst-foods?page=2
Diakses pada : 08 Juli 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *