Mudah Lelah dan Mengantuk? Ini Solusinya!

19 May 2015

Setiap orang tentu pernah mengalami bagaimana rasanya kelelahan. Namun, jika rasa lelah tersebut terus menerus datang dan mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda perlu mencari solusi untuk mengatasinya. Pada umumnya, rasa lelah berhubungan dengan rasa kantuk. Apabila tubuh mulai merasa lelah tentu Anda merasa mengantuk dan ingin segera tidur untuk mengatasi rasa lelah tersebut. Jika Anda sering merasa lelah dan mengantuk, Anda perlu mengusir kedua “penyakit” tersebut dengan langkah mudah dan efektif.

Rasa kantuk (sleepinees) berbeda dengan rasa lelah (fatigue). Namun, keduanya tetap saling berhubungan. Sleepinees disebabkan oleh kurangnya jam tidur yang dibutuhkan oleh manusia, sedangkan fatigue merupakan penurunan kinerja seseorang saat sedang melakukan aktivitas, seperti mengerjakan tugas atau berolahraga. Beberapa tips kesehatan menjelaskan bahwa kelelahan kronis (Chronic fatigue syndrome / CFS) dapat membuatnya merasakan rasa lelah yang terus menerus dan tidak kunjung membaik meskipun sudah beristirahat. Penyebab CFS belum teridentifikasi, tetapi CFS bisa jadi merupakan gelaja awal bagi suatu penyakit.

Apabila Anda merasakan kelelahan akut dan tidak membaik setelah beristirahat, cobalah untuk mengecek kondisi kesehatan Anda secara medis. Selain rasa lelah, rasa kantuk yang terus menerus dapat mengakibatkan turunnya kinerja seseorang. Pada tips kesehatan berikut, Anda diajak untuk mencari tahu penyebab rasa kantuk dan mengatasinya dengan solusi yang tepat. Berikut adalah beberapa penyebab rasa kantuk dan cara mengatasinya:


1. Tidak cukup tidur. Masalah ini dapat diatasi dengan membuat jadwal tidur. Hindari meletakkan barang elektronik dan gadget yang dapat membuat Anda tidak kunjung tidur.

2. Mendengkur. Turunkan berat badan hingga ideal, kurangi kebiasaan merokok, dan pastikan ventilasi di kamar tidur Anda berfungsi dengan baik.

3. Stres dan depresi. Jalani gaya hidup yang lebih sehat dan perbanyaklah asupan vitamin dan mineral yang dapat menjaga tubuh terhindar dari stres dan rasa lelah.

4. Konsumsi kafein berlebih. Kurangi konsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan cokelat, secara bertahap. Kafein berlebih menyebabkan Anda susah tidur.

5. Diabetes. Lakukan tips kesehatan, seperti rajin berolahraga, jalani pola makan sehat, dan kelola stres.

6. Dehidrasi atau kurang minum. Deteksi gejala dehidrasi melalui warna urin. Urin yang tidak berwarna menandakan bahwa Anda sudah cukup mengonsumsi air. Konsumsi air 1,5-2 L sehari untuk menghindari dehidrasi.


Beberapa tips kesehatan di atas dapat membantu Anda untuk terhindar dari rasa lelah dan kantuk yang mengganggu aktivitas Anda. Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup agar Anda lebih fit dan bersemangat saat melakukan rutinitas sehari-hari.


Source:
tropicanaslim.com/lelah-dan-kantuk-coba-cara-ini
medicinenet.com/fatigue_and_tiredness/symptoms.htm
webmd.com/sleep-disorders/ss/slideshow-fatigue-causes-and-remedies
Diakses pada 12 Oktober 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *