Mitos dan Fakta Seputar Diabetes

6 July 2015

Sebagian besar orang mengira bahwa pantangan diabetes adalah gula. Namun, apakah benar gula menjadi pantangan utama bagi penderita diabetes? Apakah ada pantangan diabetes lainnya yang belum kita ketahui? Berbagai mitos seputar diabetes ini sering dipergunjingkan oleh kebanyakan orang. Akan tetapi, di balik mitos-mitos seputar diabetes tersebut terdapat fakta sebenarnya yang harus Anda ketahui.

 

Untuk mengetahui hal apa saja yang menjadi pantangan diabetes, berikut adalah mitos dan fakta seputar diabetes:

Mitos 1: Dilarang konsumsi makanan manis
Fakta: Penderita diabetes memang harus membatasi konsumsi makanan manis atau makanan lain yang mengandung gula. Namun, bukan berarti penderita diabetes dilarang sama sekali untuk mengonsumsi makanan manis. Penderita diabetes dapat mengganti gula yang biasa digunakan dengan gula yang kalorinya lebih rendah.

Mitos 2: Waspada, diabetes bisa menular!
Fakta: Diabetes disebabkan oleh faktor keturunan atau gaya hidup penderitanya. Jadi, diabetes tidak menular. Meskipun tidak menular, diabetes dapat menyerang siapa saja, terutama bagi Anda yang memiliki gaya hidup kurang sehat.

Mitos 3: Keturunan diabetes pasti menderita diabetes
Fakta: Tidak semua keturunan diabetes akan menderita penyakit tersebut. Apabila keturunan diabetes dapat menjaga pola hidup sehat dan rutin berolahraga, risiko diabetes akan semakin kecil.

Mitos 4: Penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi makanan enak
Fakta: Penderita diabetes memang harus lebih menjaga makanan yang dikonsumsinya. Namun, bukan berarti makanan sehat tidak memiliki rasa yang lezat. Jika diolah dengan tepat, makanan rendah kalori dan gula pun dapat terasa lezat.

Mitos 5: Dilarang berolahraga atau beraktivitas fisik agar tidak drop
Fakta: Siapa bilang penderita diabetes dilarang berolahraga? Sebaliknya, penderita diabetes dianjurkan untuk rutin berolahraga ringan, bukan olahraga berat. Disarankan pula untuk selalu mengecek kadar gula darah sebelum dan setelah olahraga.

Tidak semua informasi yang beredar adalah tepat. Jadi, penderita diabetes sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai kebenaran dari mitos-mitos yang diterimanya, sebelum mempercayai mitos-mitos seputar diabetes itu.

 

 

Source:
tropicanaslim.com/fakta-dan-mitos-diabetes-kencing-manis-part1
tropicanaslim.com/fakta-dan-mitos-diabetes-kencing-manis-part2


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *