Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat-obatan

2 October 2015

Memiliki penyakit darah tinggi seringkali membuat Anda menjadi tidak nyaman saat beraktivitas. Salah satu gejala yang mengindikasikan tekanan darah tinggi adalah rasa pusing atau rasa sakit pada bagian kepala dan leher. Bila tidak ditangani dengan saksama, penyakit ini berisiko menimbulkan penyakit stroke yang menyerang sistem saraf

 

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda tidak harus mengonsumsi obat-obatan yang menstabilkan tekanan darah setiap hari. Tips menurunkan tekanan darah tinggi berikut ini dapat membantu Anda mencapai tekanan darah yang stabil tanpa harus tergantung pada obat-obatan.

 

Miliki berat badan ideal

Salah satu faktor pencetus penyakit darah tinggi adalah kegemukan. Sebuah studi jangka panjang yang melibatkan sebanyak 2.100 pasien hipertensi menyatakan bahwa penurunan berat badan sebesar 4 kg setidaknya dalam kurun waktu setahun dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Hal ini tentu menjadi kabar gembira karena penderita kegemukan atau obesitas dapat mengurangi berat badan sekaligus menstabilkan tekanan darahnya.

 

Lakukan latihan fisik

Latihan fisik memang akan membuat tekanan darah Anda naik karena aktivitas jantung yang meningkat. Namun dalam jangka panjang, rutin melakukan latihan fisik justru sangat baik untuk menjaga tekanan darah Anda. Pembuluh darah dalam tubuh menjadi lebih elastis sehingga proses peredaran darah menjadi lebih lancar.

 

Kurangi asupan natrium

Makanan dan minuman dengan kandungan natrium yang tinggi bisa memicu kenaikan tekanan darah. Kandungan natrium sendiri umumnya terdapat pada garam dapur. Oleh karena itu, mulailah mengurangi asupan makanan tinggi natrium seperti fast food dan makanan olahan. Sebagai gantinya, mulailah beralih ke makanan alami seperti sayur, buah, ikan, daging, dan yoghurt yang rendah natrium.

 

Selain dengan ketiga tips diatas, perubahan lainnya yang juga dapat mendukung penurunan tekanan darah secara alami adalah dengan dengan membatasi konsumsi alkohol, menghentikan kebiasaan merokok, serta melakukan relaksasi untuk menghindari stres. Tentunya akan lebih baik jika Anda mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan dan dapat menstabilkan tekanan darah dengan cara yang alami.

 

 

Sources :

informedhealthonline.org/how-to-lower-blood-pressure-without-using.2083.en.html?part=behandlung-ne

Long-term effects of weight-reducing diets in hypertensive patients. Cochrane Database Syst Rev 2011; (9): CD008274.

nlm.nih.gov/medlineplus/highbloodpressure.html

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/guide/hypertension-treatment-overview

Diakses pada : 9 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *