Mengolah Makanan Rendah Lemak dengan Metode Kukus

10 November 2015

Makanan yang tinggi kandungan lemak biasanya menjadi salah satu pencetus beragam jenis penyakit berbahaya seperti hipertensi, penyakit diabetes, serta gangguan kesehatan jantung. Kini, membatasi makanan yang tinggi kandungan lemak tidaklah sulit karena banyak makanan rendah lemak dengan rasa yang lezat dan kandungan gizi yang tinggi.

 

Kandungan gizi dalam beragam makanan rendah lemak seperti sayuran dan aneka jenis ikan akan terjaga dengan baik bila diolah dengan metode kukus. Beberapa manfaat berikut ini akan Anda peroleh jika mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus:

 

Sangat Simpel dan Mudah Dikreasikan

Teknik kukus adalah cara memasak yang sangat simpel, hanya butuh wadah yang bersekat dengan air yang cukup untuk mematangkan bahan makanan yang dikukus. Jika Anda menambahkan aneka rempah atau bahan tambahan seperti lada hitam atau kayu manis, citarasa dan aroma bahan makanan yang dikukus tentu akan semakin menggugah selera.

 

Kandungan Gizi Bahan Makanan Tidak Larut dalam Air

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bahan makanan yang dikukus mengalami proses kehilangan gizi yang lebih sedikit daripada bahan makanan yang direbus. Meskipun tampak mirip dengan metode memasak dengan cara direbus, metode kukus ternyata lebih bermanfaat karena tidak ada kontak langsung antara bahan makanan dengan air. Dengan demikian, kesegaran dan kandungan gizi bahan makanan dapat tetap terjaga.

 

Bisa Diterapkan untuk Hampir Seluruh Bahan Makanan

Hampir semua bahan makanan seperti sayuran, kacang-kacangan, ikan, daging, dan ayam bisa diolah dengan cara dikukus. Metode kukus yang begitu mudah dan hemat waktu bisa membuat Anda yang sedang belajar memasak jadi tidak kesulitan saat harus turun ke dapur.

 

Manfaat makanan rendah lemak  yang dipadukan dengan metode kukus dapat membantu pola makan Anda menjadi lebih sehat dan disiplin. Yuk, perbanyak referensi resep makanan kukus yang istimewa dan baik untuk kesehatan!

 

 

Source:

steadyhealth.com/articles/Special_Benefits_from_Different_Cooking_Techniques_a2023.html

mayoclinic.org/healthy-living/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/healthy-cooking/art-20049346?pg=2

Diakses pada : 15 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *