Mengobati Penyakit Jantung dengan Aktivitas Olahraga Ringan

23 October 2015

Penderita penyakit jantung memerlukan pengobatan secara medis maupun non-medis. Cara mengobati penyakit jantung secara non-medis dapat dimulai dengan melakukan penerapan gaya hidup sehat dan beberapa aktivitas olahraga ringan. Olahraga ringan dapat melatih kekuatan jantung Anda. Namun, tentu saja Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

Cara mengobati penyakit jantung dengan melakukan olahraga ringan dapat dimulai dengan kegiatan jogging, berjalan, aerobik, bersepeda dan berenang. Akan tetapi, ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh penderita jantung saat berolahraga, yakni:

 

1. Tidak memforsir tubuh untuk melakukan olahraga ringan. Berikan waktu sejenak untuk tubuh dan jantung Anda beristirahat di sela-sela kegiatan berolahraga.

2. Perhatikan suhu ruangan yang Anda gunakan untuk berolahraga. Hindari ruangan yang terlalu panas atau dingin untuk memperlancar sirkulasi dan saluran pernapasan Anda.

3. Setelah berolahraga, sebaiknya Anda tidak langsung mandi atau sauna. Beri jeda sejenak karena suhu yang ekstrim dapat membuat jantung berkerja lebih keras.

4. Siapkan air minum yang cukup agar Anda tidak mengalami dehidrasi saat berolahraga.

5. Hindari berolahraga di tempat yang curam, seperti tebing atau bukit agar jantung tidak bekerja lebih keras.

 

 

Olahraga ringan dapat membantu proses penyembuhan penyakit jantung. Selain itu, olahraga dinilai sebagai cara mengobati penyakit jantung  yang alami karena dapat membakar lemak berlebih yang dapat mengakibatkan penyumbatan pada arteri jantung. Namun, hendaknya Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk memilih olahraga ringan yang tepat.

 

 

Source:

familydoctor.org/familydoctor/en/diseases-conditions/heart-attack/treatment/tips-for-recovering-and-staying-well.html

webmd.com/heart/news/20000913/is-jogging-healthy-for-heart-harmful-to

webmd.com/heart-disease/encouraging-safe-exercise

Diakses pada 31 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *