Mengenal Panduan Diet Sehat dari WHO

3 September 2015

Bagaimanakah cara melakukan diet yang sehat? Beberapa program diet hanya berfokus pada penurunan berat badan saja tanpa memperhatikan asupan nutrisi dan risiko penyakit kronis. Diet yang tidak sehat serta kurangnya aktivitas fisik dapat memicu risiko penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, kanker dan stroke. Lantas, bagaimana program diet sehat yang benar menurut World Health Organization (WHO)?

 

WHO menuturkan beberapa fakta-fakta penting yang harus diketahui seputar program diet sehat yang tepat. Fakta-fakta tersebut adalah:

1. Tak hanya demi mencapai berat badan ideal saja, diet sehat juga harus memenuhi keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

2. Batasi konsumsi makanan berlemak dan tetap penuhi asupan lemak yang dibutuhkan tubuh dari makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

3. Perbanyak asupan makanan yang kaya serat, seperti buah, sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

4. Asupan kalori dan penggunaan energi harus seimbang untuk menghindari penimbunan kalori yang dapat menyebabkan obesitas.

5. Batasi konsumsi gula dan garam yang tinggi.

 

Mengonsumsi makanan rendah kalori  sering dianggap sebagai alternatif ketika sedang menjalankan program diet sehat. WHO menyarankan Anda yang sedang berdiet untuk menyeimbangkan asupan lemak dengan kalori. Caranya, asupan lemak total sebaiknya tidak melebihi 30% dari asupan kalori harian Anda. Jadi, alangkah baiknya jika dalam menjalani diet, Anda tidak hanya mengonsumsi makanan rendah kalori, tetapi juga makanan rendah lemak.

 

Panduan diet dari WHO ini telah disesuaikan dengan pedoman diet nasional. WHO juga ingin mengajak para pelaku diet untuk tidak melakukan diet yang “salah”. Diet bukan berarti tidak makan sama sekali karena hal tersebut dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Diet menurut WHO adalah memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sambil diimbangi dengan olahraga agar tubuh tidak kekurangan maupun kelebihan kalori.

 

 

Source:
who.int/dietphysicalactivity/diet/en/
who.int/mediacentre/factsheets/fs394/en/
Diakses pada 27 Februari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *