Mengenal Kalori Lebih Dekat

29 April 2015

Segala sesuatu yang berlebih jelas tidak baik, termasuk asupan kalori berlebih. Pasalnya, saat kita mengonsumsi terlalu banyak kalori, masalah kegemukan dan berbagai macam penyakit pun muncul. Karena itulah, salah satu tips hidup sehat yang sering didengar adalah menjaga keseimbangan kalori untuk menjaga berat badan dan kesehatan kita.

 

Sebenarnya, apa itu kalori?

 

Kalori merupakan salah satu satuan energi. Manusia mendapatkan energi untuk beraktivitas dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan alkohol. Oleh karena itu, manusia tetap harus mendapatkan asupan kalori yang cukup. Kalori yang berlebih akan diubah menjadi lemak dalam tubuh. Nah, lemak yang berlebih ini harus dibakar kembali menjadi energi dengan berolahraga.

 

Anda bisa mengonsumsi makanan rendah kalori untuk mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebih. Ada 3 sumber energi utama, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein. Berikut adalah tips memilih makanan rendah kalori dari ketiga sumber energi utama tersebut:

 

  1. Karbohidrat

Hindari karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi putih, roti putih, makanan dan minuman manis tinggi gula.

Pilih karbohidrat yang tinggi serat seperti nasi merah atau roti gandum. Selain memiliki nilai kalori yang lebih rendah (pada gramasi yang sama), karbohidrat yang tinggi serat juga mengandung indeks glikemik yang rendah.

 

  1. Protein

Pilih sumber protein nabati seperti tahu dan tempe. Tahu dan tempe memiliki lemak yang lebih rendah dibandingkan protein hewani.

Pilih protein hewani yang lebih rendah lemaknya, misal susu low fat, daging sapi yang dibuang lapisan lemak putihnya, dll

Hindari pemasakan dengan cara digoreng

 

  1. Lemak

Pilih makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

 

Ketiga sumber energi utama ini tidak berbahaya selama Anda mengonsumsinya dalam batas normal dan tidak berlebihan. Cermatlah dalam memilih asupan energi harian Anda!

 

Source:

tropicanaslim.com/all-about-calories

tropicanaslim.com/diet-rendah-kalori-kunci-hidup-sehat-lebih-lama

Diakses pada 28 August 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *