Mengenal Gejala Serangan Jantung pada Pria

17 September 2015

Penyakit jantung adalah satu dari sekian banyak penyakit yang dapat mengakibatkan kematian pada pria. American Heart Association (AHA) menuturkan bahwa 1 dari 3 pria di dunia memiliki penyakit jantung. Pria lebih berisiko memiliki penyakit jantung karena kebiasaan merokok, obesitas, maupun kurangnya aktivitas fisik.

 

Penyakit jantung merupakan istilah untuk segala jenis gangguan pada jantung, seperti penyakit arteri koroner, gagal jantung, angina, aritmia dan berbagai infeksi pada jantung. Penyakit jantung pada pria sering ditandai dengan serangan jantung  terlebih dahulu. Bahkan, sebelum serangan tersebut datang, pria yang memiliki masalah pada jantungnya akan merasakan gejala sakit jantung berikut:

- Nyeri di bagian dada
- Kesulitan bernafas atau sesak nafas
- Tekanan pada dada
- Kesemutan, mati rasa, dan suhu tubuh mendingin
- Mual dan pusing

 

Gejala sakit jantung tersebut biasanya disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Pembuluh darah yang menyempit ini diakibatkan oleh penumpukan plak yang membuat jantung sulit memompa dan menyebarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

 

Apabila Anda merasakan gejala sakit jantung  tersebut, segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit untuk memperoleh penanganan secara medis. Di samping itu, bila Anda telah mengalami serangan jantung yang pertama dan berhasil pulih, mintalah pada orang terdekat untuk berjaga-jaga jika Anda mengalami serangan jantung lagi di kemudian hari. Penanganan terhadap serangan jantung sebaiknya tidak lebih dari 6 jam setelah serangan tersebut datang.

 

 

Source:
webmd.com/heart-disease/features/his-guide-to-a-heart-attack
healthline.com/health/heart-disease/signs-men#1
Diakses pada 4 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *