Mengenal Diabetes Melitus dan Komplikasinya

18 February 2016

Penyakit diabetes melitus dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain pada penderitanya. Gaya hidup yang kurang sehat serta gula darah yang tidak terkontrol dengan baik merupakan salah satu penyebab komplikasi penyakit diabetes melitus . Oleh karena itu, pasien diabetes harus lebih cermat dalam mengontrol gula darah dan menjaga kesehatannya untuk menghindari risiko penyakit kronis lainnya.

 

Seiring berjalannya waktu, penderita diabetes dapat mengalami komplikasi penyakit yang serius apabila tidak memelihara kesehatan tubuhnya. Berikut adalah komplikasi yang kerap dialami oleh pasien diabetes melitus:

 

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Diabetesi yang tidak mengontrol gula darahnya dengan baik berisiko menderita penyakit jantung dan stroke. Bahkan, diabetesi juga memiliki risiko kerusakan pembuluh darah lebih besar.

 

Penyakit Mata

Di Amerika Serikat, diabetes menjadi penyebab utama penderitanya kehilangan penglihatan. Penyakit mata yang kerap diderita oleh diabetesi adalah katarak, glaukoma, dan diabetik retinophaty.

 

Penyakit Ginjal

Komplikasi pada ginjal kerap dialami oleh penderita diabetes. Pasalnya, kadar gula darah tinggi yang dimiliki diabetesi sangat mempengaruhi kondisi kesehatan ginjal.

 

Namun, para diabetesi tidak perlu cemas karena komplikasi penyakit diabetes melitus dapat dihindari. Terapkan gaya hidup sehat dan kurangi kebiasaan buruk, seperti mengganti gula biasa dengan gula rendah kalori  yang lebih aman. Jaga tekanan darah dan kadar kolesterol Anda agar tetap normal untuk menghindari berbagai macam komplikasi dari diabetes melitus.

 

 

Source:

webmd.com/diabetes/risks-complications-uncontrolled-diabetes

uptodate.com/contents/preventing-complications-in-diabetes-mellitus-beyond-the-basics

Diakses pada 8 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *