Mau Diet Rendah Lemak? Ketahui Dulu Fakta Menarik Ini

27 August 2015

Lemak merupakan komponen yang terdapat dalam makanan. Tubuh manusia membutuhkan lemak sebagai sumber cadangan energi. Namun, cadangan lemak yang berlebih dapat menyebabkan obesitas dan timbulnya berbagai macam penyakit kronis. Sebelum menjalankan diet rendah lemak, ada baiknya jika Anda mengenali fakta-fakta mengenai lemak berikut.

 

Lemak terdapat pada makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, konsumsi karbohidrat yang berlebihan juga akan disimpan dalam bentuk lemak oleh tubuh. Pada saat menjalani diet rendah lemak, sebagian orang menjauhi makanan tinggi lemak, seperti kulit ayam dan gorengan, serta cenderung mengonsumsi makanan rendah lemak, seperti buah-buahan dan sayuran. Diet rendah lemak  ini berkontribusi dalam membantu usaha Anda menurunkan berat badan.

 

Meskipun lemak yang berlebih dianggap membahayakan kesehatan manusia, tubuh manusia tetap membutuhkan lemak. Oleh karena itu, Anda tetap harus mengonsumsi lemak baik dalam jumlah yang wajar. Berikut adalah fakta-fakta mengenai lemak yang dapat menjadi panduan Anda saat menjalani diet rendah lemak:

1. Selain sebagai sumber cadangan energi, lemak dibutuhkan tubuh untuk proses transportasi vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E dan K).

2. Lemak dibagi menjadi 3 jenis, yakni:

- lemak tak jenuh, yaitu sumber lemak yang bisa ditemukan pada beberapa bahan makanan seperti ikan, kacang, alpukat, minyak zaitun dan minyak kanola. Omega 3 juga merupakan bagian dari lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung.

- lemak jenuh, yaitu sumber lemak yang umumnya terdapat pada daging, butter, susu fullcream, minyak sawit, dll. Lemak ini berkontribusi dalam meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga kurang baik bagi kesehatan.

- lemak trans, yaitu sumber lemak yang didapat dari margarin. Sama seperti lemak jenuh, lemak trans juga dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah.

- Asupan lemak harian sebaiknya tidak melebihi 67 gram sehari.

- Diet rendah lemak yang dilakukan secara tepat dapat mengurangi kolesterol jahat dan memberi pengaruh positif bagi kesehatan.

 

Kini, Anda sudah mengetahui fakta-fakta mengenai lemak. Anda dapat memulai diet rendah lemak sambil tetap memperhatikan asupan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Selamat menjalani diet rendah lemak.

 

 

Source:
tropicanaslim.com/all-about-fat
kidshealth.org/kid/stay_healthy/food/fat.html
Diakses pada 26 Januari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *