Masih Belum Bisa Mengontrol Konsumsi Garam? Ini Triknya!

7 November 2015

Menjalani diet rendah garam itu ternyata sulit!” Siapa bilang? Anda hanya belum terbiasa untuk mengurangi konsumsi garam sehari-hari. Padahal, diet rendah garam merupakan suatu usaha yang cukup ampuh untuk mengurangi risiko hipertensi. Hal ini mengingat garam merupakan penyebab hipertensi  yang utama.

 

Apabila Anda merasa kesulitan untuk mengontrol konsumsi garam, beberapa trik jitu berikut dapat membantu Anda mengontrol konsumsi garam dengan mudah:

 

1. Konsumsi Bahan-bahan Segar

Memilih daging, ayam, ikan, buah dan sayur yang segar untuk dikonsumsi adalah langkah utama untuk mengurangi konsumsi garam sehari-hari. Pasalnya, produk makanan yang dikemas seperti sosis, nugget, serta buah dan sayur kalengan mengandung garam yang cukup tinggi.

 

2. Pilih Produk Low-Salt

Langkah selanjutnya, pilih produk yang rendah garam. Dewasa ini, sudah banyak tersedia kecap, mi instant, dan saus yang rendah natrium. Selain itu, Anda perlu mencermati label informasi nilai gizi pada setiap produk yang hendak dibeli. Usahakan untuk memilih produk yang rendah natrium.

 

3. Masak dengan Rempah-Rempah

Memasak sendiri hidangan yang hendak dikonsumsi tentu akan mempermudah Anda dalam mengontrol penggunaan garam. Tambahkan rempah-rempah lain untuk menyedapkan masakan Anda, seperti jahe, ketumbar, merica, atau bawang putih bubuk.

 

4. Pisahkan Saus dari Hidangan

Ketika memesan makanan di restoran, Anda dapat meminta pelayan untuk memisahkan saus dari hidangan yang Anda pesan. Saus pendamping hidangan cenderung mengandung garam.

 

5. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Jika Anda gemar snacking. Cobalah untuk snacking dengan buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung natrium yang rendah dan kaya akan kalium yang baik untuk tekanan darah. Snacking dengan buah dan sayur jauh lebih sehat dibanding snacking dengan keripik kentang atau makanan ringan lain yang sarat akan garam.

 

6. Kurangi Garam Saat Makan di Luar

Saat memesan makanan di restoran, Anda dapat meminta pelayan untuk mengurangi penggunaan garam pada hidangan yang Anda pesan.

 

Diet rendah garam  ternyata cukup mudah, bukan? Agar upaya Anda dalam mengurangi konsumsi garam ini sukses, tentu diperlukan tekad dan niat yang kuat dari diri sendiri. Selamat mencoba!

 

 

Source:

tropicanaslim.com/menghindari-hipertensi-bagaimana-trik-mengurangi-konsumsi-garam/

kidney.org/news/ekidney/june10/Salt_june10

mayoclinic.org/healthy-living/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/sodium/art-20045479

Diakses pada 7 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *