9

Manisnya Buah Untuk Diabetesi

  

Manisnya Buah Untuk DiabetesKonsumsi buah-buahan sangatlah dianjurkan oleh American Diabetes Association sebagai bagian dari pola pengaturan makan diabetesi1. Anda tidak perlu khawatir untuk menikmati sehat dan lezatnya buah-buahan. Yang terpenting, pilihlah buah-buahan dengan nilai indeks glikemik2 yang rendah. Berikut kami berikan contoh buah-buahan yang selain nikmat dan aman juga memiliki berbagai manfaat terhadap kesehatan tubuh Anda. Sajikan dalam keadaan fresh dan konsumsilah dalam jumlah yang cukup.

Kiwi
Indeks Glikemik = 53
Anda dapat menjumpai buah ini di pasaran dalam dua jenis warna, kuning dan hijau. Kiwi hijau terasa agak lebih masam sedangkan kiwi berwarna kuning lebih manis, namun keduanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda3.

Anggur
Indeks Glikemik = 43
Anggur merupakan pilihan yang praktis bagi para diabetesi. Kandungan alami resveratrol pada anggur sangat baik bagi tubuh karena berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh Anda.

Stroberi
Indeks Glikemik = 38
Stroberi populer karena rasanya yang segar dan nikmat. Hal ini menjadikan buah ini banyak disukai orang. Stroberi juga mengandung tinggi vitamin C dan anthocyanin; keduanya bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh5. Diabetesi pun tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya.

Apel
Indeks Glikemik = 40
Tidak hanya daging buahnya, kulit apel juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena mengandung serat yang tinggi. Konsumsi serat yang cukup sangat baik bagi para diabetesi karena membantu menjaga dan mengendalikan kestabilan kadar gula darah. Oleh karena itu, apel cocok dijadikan pilihan camilan sehat Anda.

Jeruk
Indeks Glikemik = 42
Selain aman bagi para diabetesi, jeruk mengandung tinggi vitamin C dan juga serat6. Penyajiannya juga bisa bermacam-macam. Dengan rasa yang menyegarkan, jeruk membantu melindungi serta meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

Referensi:

  1. American Diabetes Association, 2009
  2. Indeks glikemik (IG) menyatakan suatu nilai yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan dapat meningkatkan kadar gula darah. Semakin tinggi nilai IG suatu makanan, semakin cepat makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah. Para diabetesi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan nilai IG yang rendah (< 55) untuk menjaga kestabilan gula darahnya
  3. Nutritiondata.com, 2009
  4. J Exp Clin Cancer Res. 28(1):96
  5. J Agric Food Chem 51(23):6887-6892/li>
  6. Nutritiondata.com, 2009/li>
Tags: ,

RELATED POST

Mengelola Diabetes? Tidak Perlu Lama-lama. 10 Menit Bisa Kok!
Bayam: Baik untuk Diabetes, Baik untuk Pencernaan
10 Tips Olahraga untuk Diabetes

16 Responses to Manisnya Buah Untuk Diabetesi

  • srimugiartini says:

    Jumlahnya dibatasi gak?

    =====================================================
    Tropicana Slim:

    Hallo Sri,

    Sebaiknya tetap terkontrol ya :)

    Salam,
    Tropicana Slim

  • angella says:

    Saya mau tanya.. beberapa orang mengatakan anggur dan jeruk sangat dilarang untuk penderita diabetes.. berarti itu hanya mitos ya? terima kasih

    =====================================================
    Tropicana Slim:

    Hai Angela,
    Benar! Itu hanya mitos. Anggur dan jeruk justru memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi yang baik bagi kesehatan. Anggur merupakan pilihan yang praktis bagi para diabetesi. Kandungan alami resveratrol pada anggur sangat baik bagi tubuh karena berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh kamu. Begitu pula juga dengan jeruk karena Selain aman bagi para diabetesi, jeruk mengandung tinggi vitamin C dan juga serat6. Penyajiannya juga bisa bermacam-macam. Dengan rasa yang menyegarkan, jeruk membantu melindungi serta meningkatkan kualitas kesehatanmu.
    Jadi tidak perlu khawatir lagi yah..

    Salam,
    Tropicana Slim

  • Dedy Supriyadi says:

    Saya baru terkena DM kurang lebih 6 bulan bagaimana cara aman mengontrol turun naiknya DM tersebut dan asuman yang aman

    =====================================================
    Tropicana Slim:

    Dear Dedy,

    Untuk tahap rehabilitatif ada 3 aspek yang perlu diperhatikan, yaitu :
    1. Nutrisi : penderita diabetes hendaknya menjalankan prinsip 3 J : Tepat Jenis, Jadwal dan Jumlah
    – ½ piring sayuran (terutama sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi hijau, bokchoy, caisim, dsb)
    – ¼ piring karbohidrat (terutama dengan nilai Indeks Glikemik rendah, seperti nasi merah, oat, pasta whole grain)
    – ¼ piring lauk (sumber protein, seperti daging, tahu, tempe, ikan)

    2. Olahraga dan aktivitas fisik
    Aktivitas fisik adalah salah satu aspek penting dalam manajemen diabetes. Beberapa manfaat olahraga diantaranya: memperbaiki kontrol gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan & tekanan darah dan membuat kita terlihat lebih sehat

    3. Mengelola stress
    Sampai saat ini, diabetes belum dapat disembuhkan. Tapi penderita diabetes dapat beraktivitas seperti biasa asalkan kadar gula darahnya dikontrol agar berada di batas normal. Kadar gula darah yang terkontrol dapat menurunkan risiko penderita diabetes mengalami komplikasi. Pengontrolan kadar gula darah dapat dilakukan dengan pengaturan pola makan sesuai 3J (Jumlah, Jenis, Jadwal), olahraga atau aktivitas fisik, dan manajemen stress . Tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, melakukan tes gula darah secara teratur, dan konsumsi obat sesuai petunjuk dokter jika diperlukan.

    Semoga menginspirasi.

    Salam,
    Tropicana Slim

  • stefanus says:

    gimana dg timun?IG tinggi enggak? Boleh dikonsumsi tidak?

  • admintropicana says:

    @Stefanus : pertanyaanmu sudah dijawab via email ya.

    Salam,
    Tropicana Slim

  • Sobri Yusuf says:

    Buah semangka apakah baik untuk diabetes?

  • admintropicana says:

    @Sobri Yusuf: Mengenai pertanyaanmu sudah dibalas via email ya.

    Salam,
    Tropicana Slim

  • Josa sulistyo says:

    Apakah kondisi stress yg berat dapat mengakibatkan seseorang terkena diabetes melitus. Sampai sejauh mana akibat stress tsb mengakibatkan gangguan pada pankreas sehingga mengakibatkan terganggunya produk insulin? Apakah kondisi psychis seseorang yang telah pulih kembali dari keadaan stress dapat menyembuhkan sakit diabetes yg dialaminya. Saya menderita dibetes krn stress yg saya alami cukup berat(meski tdk berlangsung lama) . Sbg referensi saya sampaikan bhw dlm keluarga kami( org tua ) sama sekali tidak ada yg menderita diabetes. Terimakais atas perhatiannya.

  • mohammad dzofir says:

    tolong diberi contoh menu harian utk penderita diabetes dg kriteria 3 J. trims

    • admintropicana says:

      @Dzofir : Contoh menu harian untuk penderita diabetes sudah kami kirim via email ya. Silahkan di check.

      Salam,
      Tropicana Slim

  • linda says:

    Apakah boleh penderita diabetes sesekali makan nasi putih?

    • admintropicana says:

      @Linda : Bagi penderita diabetes boleh saja mengonsumsi nasi putih. Namun pastikan kamu mengonsumsinya secara terkontrol ya. Walaupun sebenarnya akan lebih baik jika mengonsumsi sumber karbohidrat komplek yang mengandung GI rendah seperti beras merah, roti gandum, oats, pasta, dsb.

      Salam,
      Tropicana Slim

  • suprapti says:

    ayah saya terkena bisul&belum sembuh2,trs ada lubang di benjolan bisul’y,saat tes gula darah’y 580,apakah itu sudah bisa dikatakan terkena diabetes?trims

  • Ruslan says:

    saya mau tanya, kalau buah apel yg baik untuk diabetesi itu apa harus dari jenis tertentu atau boleh semua jenis apel? terus kira-kira porsi maksimal perhari berapa gram? trims

  • Omy says:

    Riwayat keluarga saya dan keluarga suami saya sama2 memiliki riwayat diabetes, apa cara yang bs saya terapkan untuk mengurangi/mencegah resiko terkena diabetes ini

Leave a Reply

Jawaban comment akan dikirim ke e-mail pribadi kamu.
Pastikan alamat e-mail yang tertulis sudah benar. Email tidak akan dipublikasikan.

Required fields are marked *

*