Manfaat Susu Kedelai untuk Diet Rendah Lemak dan Kolesterol

6 November 2015

Salah satu cara mengatasi kolesterol  tinggi dalam darah adalah dengan menjalani diet rendah lemak. Di antara berbagai makanan sehat, kedelai adalah salah satunya yang baik untuk diet rendah lemak sekaligus membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Seorang ahli jantung bernama James Beckerman mengatakan bahwa protein pada kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol buruk. Di samping itu, kedelai mengandung serat dan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

 

Untuk memperoleh manfaat kedelai bagi kesehatan, studi menunjukkan bahwa Anda harus mengonsumsi sebanyak 25 gram protein kedelai per hari. Klaim kesehatan ini juga telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat sejak tahun 1999.

 

Terkait dengan konsumsi 25 gram protein kedelai per hari, Anda dapat memperolehnya melalui berbagai olahan kedelai, namun tetap pastikan bahwa olahan tersebut harus mengandung (per sajian):

- 6,25 gram protein atau lebih dari itu
- Rendah lemak : 3 gram lemak atau kurang dari itu
- Rendah lemak jenuh : 1 gram lemak jenuh atau kurang dari itu
- Rendah kolesterol : 20 miligram kolesterol atau kurang dari itu

 

Olahan kedelai yang memiliki ketentuan tersebut dan cukup digemari oleh banyak orang adalah susu kedelai. Konsumsi 1-2 gelas susu kedelai per hari diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol buruh (LDL) hingga 3%. Namun, pastikan bahwa Anda tidak mengonsumsi susu ini dengan gula tambahan yang berlebihan.

 

Selain itu, olahan kedelai seperti tempe dan tahu juga bisa menjadi alternative sumber protein kedelai. Tapi, hati-hati dalam pengolahannya ya! Metode pemasakan dengan cara kukus, rebus, bakar, atau panggang tentunya akan membuat diet rendah lemak  Anda menjadi lebih optimal.

 

Source:

healthcastle.com/benefitsofsoy_heart.shtml

webmd.com/cholesterol-management/features/soy-and-cholesterol?page=2

http://www.accessdata.fda.gov/scripts/cdrh/cfdocs/cfcfr/CFRSearch.cfm?fr=101.82

Diakses pada 7 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *