Manfaat Sehat dari Beras Merah

1 July 2015

Nasi putih merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa nasi merah yang diolah dari beras merah lebih kaya manfaat dibandingkan nasi putih? Sebagian besar orang menggunakan beras merah untuk diet. Akan tetapi, bagi bagi beberapa orang, rasa beras merah mungkin tidak seenak nasi putih. Lantas, bagaimana cara memulai program diet sehat  dengan beras merah?

 

Agar Anda termotivasi untuk menggunakan beras merah untuk diet, Anda perlu mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada beras merah terlebih dahulu. Beras merah berfungsi sebagai sumber karbohidrat yang kaya nutrisi sehat, seperti vitamin B, fosfor, selenium, magnesium, kalium dan mangan. Selain itu, beras merah juga kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan Anda.

 

Tak perlu ragu untuk menjalankan program diet sehat dengan beras merah karena beras merah juga memiliki banyak manfaat positif, sebagai berikut:

1. Menurunkan kolesterol jahat. Beras merah kaya akan serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Mencegah penyakit jantung. Kandung serat yang cukup tinggi dalam beras merah dapat membantu proses pencegahan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung.

3. Mengurangi risiko kanker. Kadar selenium yang tinggi dan fenol pada beras merah dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Selain itu, pytonutrient lignin yang terdapat pada beras merah juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

4. Mengontrol kadar gula darah. Beras merah adalah karbohidrat yang dicerna lebih lama dibanding nasi putih. Hal ini penting karena makanan yang berserat tinggi, seperti beras merah, dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

5. Memperoleh berat badan ideal. Beras merah adalah makanan yang cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet sehat. Pasalnya, beras merah memiliki Indeks Glikemik yang lebih rendah dibanding nasi putih. Di samping itu, beras merah juga berkontribusi untuk memberi rasa kenyang lebih lama.

 

Beras merah merupakan alternatif sehat untuk mengganti nasi putih. Anda dapat mengombinasikan beras merah untuk diet  dengan sayuran, protein tanpa lemak, dan makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

 

 

Source:
caloriesecrets.net/10-health-benefits-of-brown-rice/
everydayhealth.com/fitness-specialist/the-benefits-of-brown-rice.aspx


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *