Manfaat Sehat Berjalan Kaki

20 July 2015

Kurang bergerak atau berolahraga dapat menyebabkan kelebihan berat badan yang memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Salah satu cara yang paling mudah untuk berolahraga adalah berjalan kaki. Selain untuk olahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat, jalan kaki juga dapat digunakan untuk mengevaluasi tingkat kesehatan. Tes kebugaran sederhana ini dikenal sebagai 6-minute walk test.

 

Penelitian menunjukkan bahwa hasil dari 6-minute walk test ternyata berkaitan dengan kadar lemak tubuh dan tekanan darah. Semakin jauh jarak yang dapat Anda tempuh selama 6 menit, menandakan bahwa kadar lemak dalam tubuh Anda semakin kecil. Hasil uji jalan kaki selama 6 menit ini pun diketahui berkaitan erat dengan fungsi kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) di dalam tubuh.

 

Ingin mencoba? Tidak sulit melakukan 6-minute walk test: cukup hitung jarak terjauh yang dapat ditempuh saat berjalan selama 6 menit. Pastikan juga Anda mematuhi beberapa ketentuan berikut ini:

1. Gunakan alas kaki dan pakaian yang terasa nyaman pada tubuh Anda.
2. Berjalanlah sendiri saat 6-minute walk test tanpa ditemani orang lain.
3. Berjalanlah di jalan, lintasan atau koridor; dan bukan di atas alat treadmill.
4. Pastikan untuk menggunakan jalan yang lurus dan tidak berbelok-belok.
5. Jangan lakukan aktivitas olahraga lain selama 2 jam sebelum melakukan 6-minute walk test. Sebaiknya, duduk dan beristirahatlah dulu selama 10 menit sebelum melakukan tes ini.
6. Fokus saat berjalan dan jangan berbicara selama tes.

 

Untuk Anda yang berusia 20-30 tahun, batasan jarak standar yang dapat ditempuh adalah 779-809 m bagi pria atau 704-734 m bagi wanita. Bagi pria berusia 30-40 tahun dan 40-50 tahun, jarak standar yang ditentukan adalah 749-779 m dan 719-749 m; sedangkan untuk wanita adalah 675-704 m dan 645-675 m.

 

Jika jarak yang dapat Anda tempuh mencapai standar, selamat, Anda dapat dikatakan cukup bugar. Namun jika tidak, waspadalah karena hasil six-minute walk test yang rendah merupakan indikasi tingginya kadar lemak tubuh, kurangnya nutrisi, kurangnya kekuatan otot, atau adanya gangguan fungsi kardiovaskular. Segera ubah gaya hidup untuk memulai pola hidup sehat . Salah satunya, jadikan rutin berjalan kaki sebagai bagian dari pola hidup sehat Anda. Mulailah dengan rutin berjalan kaki sekitar 10 menit setiap harinya, lalu tingkatkan intensitas dan durasi hingga mencapai tahap berjalan cepat minimal 30 menit setiap hari. Agar lebih optimal, lengkapi juga dengan pola makan sehat dengan membatasi asupan lemak dan gula serta banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat.

 

Source:
tropicanaslim.com/berapa-jauh-anda-melangkah-dalam-6-menit
webmd.com/fitness-exercise/walking-for-wellness
Diakses pada 28 November 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *