Manfaat Jagung Ungu untuk Diabetes

31 July 2015

Penderita diabetes atau kencing manis rentan mengalami berbagai macam komplikasi. Salah satu komplikasi serius yang dapat terjadi adalah gangguan ginjal. Bahayanya, gangguan ginjal akibat komplikasi diabetes ini dapat berujung pada penyakit ginjal tahap akhir. Kabar baiknya, banyak penelitian yang (sedang) mempelajari cara untuk menghambat komplikasi semacam ini. Salah satunya, dengan menggunakan jagung ungu sebagai makanan untuk diabetes.

 

Mengapa jagung ungu? Ternyata, jagung ungu kaya akan senyawa anthocyanin. Senyawa ini dapat bertindak sebagai senyawa antioksidan dan antiperadangan. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa jagung ungu memiliki sifat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah blueberry.

 

Dilansir oleh American Journal of Physiology tahun 2012, para ilmuwan mencoba untuk meneliti potensi jagung ungu dalam mencegah komplikasi gangguan ginjal pada penderita penyakit diabetes. Hasilnya, jagung ungu yang kaya akan anthocyanin ditemukan berpotensi dapat menghambat berbagai jalur metabolisme yang berkaitan dengan perkembangan gangguan ginjal pada penderita diabetes. Namun, perlu diketahui bahwa penelitian ini masih dilakukan pada kultur sel dan tikus yang berarti belum dilakukan pada manusia. Walaupun demikian, para ahli cukup optimis dengan hasil penelitian ini.

 

Jagung ungu memang tampaknya dapat menjadi alternatif makanan untuk diabetes yang berpotensi mencegah komplikasi diabetes. Namun, yang tidak kalah penting untuk mencegah komplikasi diabetes adalah menjaga kestabilan kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, perhatikan pola dan jadwal makan, jagalah berat badan dalam kisaran normal, rutinlah memeriksa kadar gula darah, serta rutinlah berolahraga yang jelas bermanfaat.

 

 

Source:
emaxhealth.com/1275/corn-could-help-type-2-diabetes-kidney-complications
everydayhealth.com/type-2-diabetes-pictures/colorful-diabetes-fighting-foods.aspx#07
Diakses pada 21 Januari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *