Manfaat Diet Rendah Lemak bagi Kesehatan

24 February 2016

Obesitas (kegemukan) merupakan masalah yang cukup serius bagi kesehatan jangka panjang. Pasalnya, obesitas dapat menjadi faktor pemicu timbulnya berbagai macam penyakit, mulai dari diabetes, jantung hingga stroke. Berbagai tips kesehatan  menyarankan diet rendah lemak untuk menurunkan berat badan. Yuk, kenali manfaat dan cara melakukan diet rendah lemak yang tepat!

 

Diet rendah lemak adalah diet yang paling tepat untuk mengurangi berat badan berlebih. Diet rendah lemak yang sehat akan memenuhi seluruh kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan menjalani diet rendah lemak:

 

1. Batasi Jumlah Lemak yang Dikonsumsi

Tubuh memang membutuhkan lemak, tetapi lemak berlebih yang masuk ke dalam tubuh dapat berisiko menyebabkan kolesterol. Selain mengonsumsi makanan rendah lemak, batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Konsumsi lemak atau minyak perhari dibatasi hanya 67 g (5 sendok makan) per harinya.

 

2. Cermati Jumlah Kalori pada Makanan

Ingat untuk baca selalu label gizi pada makanan yang Anda konsumsi, hindari konsumsi yang lemak tinggi, tapi carilah yang memiliki klaim rendah lemak. Selain mengurangi jumlah asupan kalori yang berasal dari lemak, cobalah untuk mengganti sumber karbohidrat Anda dengan makanan yang lebih rendah kalori, seperti nasi merah atau roti gandum.

 

3. Jangan Lupa Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah makanan rendah lemak  yang wajib ada dalam daftar diet Anda. Pastikan Anda tetap mendapat asupan vitamin yang berasal dari buah dan sayur sambl menjalani diet sehat ini.

 

Upaya diet rendah lemak akan berhasil dengan optimal apabila Anda mengimbanginya dengan berolahraga. Diet rendah lemak terbukti bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengurangi risiko obesitas, mengingat obesitas adalah faktor penyebab penyakit kronis.

 

 

 

 

Source:

everydayhealth.com/weight/low-fat-diet-benefits.aspx

eufic.org/article/en/artid/low-fat-diets/

Diakses pada 13 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *