Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Hipertensi

16 February 2016

Penderita hipertensi tentu bosan apabila harus mengonsumsi makanan penurun darah tinggi  secara terus menerus. Sesekali, mereka juga tentu ingin mengonsumsi makanan ringan untuk camilan. Namun, pemilik tekanan darah tinggi tidak dapat sembarangan mengonsumsi cemilan. Hal ini karena beberapa produk makanan ringan atau cemilan mengandung natrium tinggi yang menjadi penyebab hipertensi bertambah parah.

 

Biji bunga matahari yang biasa diolah menjadi kuaci adalah salah satu camilan sehat bagi penderita hipertensi. Pasalnya, biji bunga matahari mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti:

- Vitamin B1
- Vitamin B5
- Folat (Vitamin B9)
 -Vitamin E
- Mangan
- Magnesium
- Selenium
- Fosfor
- Trytophan

 

Selain itu, kandungan mineral pada biji bunga matahari juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah migrain. Kandungan magnesium di dalamnya pun dapat menguatkan dan menyehatkan tulang. Vitamin E pada biji bunga matahari mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan membantu pencegahan penyakit kanker usus, radang sendi, asma, dan penyakit jantung.

 

Anda dapat mengonsumsi biji bunga matahari dengan mencampurkannya pada aneka hidangan seperti salad, pasta, atau pizza. Untuk memperoleh manfaat sehat biji bunga matahari secara optimal, hindari mengonsumsinya dengan bumbu aneka rasa, termasuk garam. Hindari produk biji bunga matahari dengan rasa asin karena produk tersebut mengandung garam yang dapat menjadi penyebab hipertensi  semakin meningkat.

 

 

Source:

symptomfind.com/nutrition-supplements/health-benefits-of-sunflower-seeds/

healthcastle.com/focus_sunflower_seeds.shtml

Diakses pada 7 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *