Mana Manis yang Lebih Sehat?

19 July 2016

Suka manis? Sulit rasanya menahan godaan dari makanan dan minuman manis di sekitar kita. Sebenarnya ada banyak gula di sekitar kita, tapi manakah pilihan gula yang lebih sehat? Coba kita lihat fakta di balik si manis ini.

 

 

Gula merah, gula batu, dll lebih sehat dari gula putih, benar atau salah?

Banyak yang bilang bahwa gula batu, atau gula jawa lebih baik daripada gula pasir. Kenyataannya? Semua jenis gula yang dibilang “lebih baik” itu ternyata mengandung kalori yang hampir serupa, sehingga tetap saja memberikan efek merugikan bila dikonsumsi berlebihan. Berikut adalah kalori dari beberapa jenis gula.

Jenis GulaKalori (kkal) per 1 sendok teh
Gula pasir16
Gula batu25
Gula coklat15
Gula halus10
Icing sugar10
Gula palma / Gula jawa10

 

Batas maksimum konsumsi gula perhari adalah: (a) 3 atau (b) 6 sendok teh?

Kejutan! Departemen Kesehatan RI menyarankan konsumsi gula tambahan yang aman per harinya adalah 6 sendok teh, atau sekitar 25 gram gula pasir. WHO pun menyarankan hal yang sama. Konsumsi gula lebih dari ini, maka risiko diabetes serta kegemukan akan meningkat, karena kelebihan gula akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Nah, berapa sendok gula yang anda gunakan saat memaniskan teh/kopi? Belum lagi gula-gula yang tersembunyi di cake, biskuit, atau minuman manis yang banyak di pasaran.

 

 

Mungkinkah orang terkena diabetes bila terlalu banyak makan gula?

Sayang sekali jawabannya IYA; tidak perlu punya riwayat diabetes untuk terkena diabetes, meskipun memang orang yang punya riwayat diabetes berisiko lebih besar terkena diabetes. Diabetes tipe II adalah salah satu jenis penyakit karena berkurangnya sensitivitas sel tubuh terhadap insulin, yang dapat disebabkan karena konsumsi kalori, termasuk dari gula, secara berlebihan.

 

Bagaimana dengan gula rendah kalori? Apakah aman mengonsumsinya?

Gula rendah kalori adalah alternatif pengganti gula biasa. Kalori yang terdapat pada gula jenis ini jauh lebih rendah dibanding gula pada umumnya atau bahkan bisa hingga nol kalori. Gula rendah kalori akan memberikan rasa manis tanpa menambah asupan kalori dalam jumlah besar ataupun menaikkan kadar gula darah. Jadi, gula rendah kalori terbukti aman untuk dikonsumsi tidak hanya bagi penderita diabetes tetapi juga bagi mereka yang sedang mengontrol berat badannya (berdiet).

Gula rendah kalori Tropicana Slim adalah salah satu pilihan alternatif memaniskan makanan dan minuman Anda sehari-hari dengan lebih aman namun tetap menyenangkan.

Berapa batas konsumsi gula rendah kalori? Jangan khawatir, batasan konsumsi gula rendah kalori sangatlah besar dan hampir tidak mungkin terlewati oleh konsumsi sehari-hari, misalnya untuk orang dengan berat badan 60 kg maksimal konsumsi gula rendah kalori adalah sebanyak 71 sachet per hari, batasan ini jauh lebih besar dibanding batasan kosumsi gula pasir yang hanya 6 sendok teh per hari.

 

Nah, sudah jelas kan sekarang tentang fakta si manis? Sudah waktunya kita lebih bijak memilih makanan dan minuman untuk dikonsumsi dan tidak hanya terlena oleh rasa manisnya saja. Sebagai alternatif yang lebih sehat, pilih pemanis rendah kalori Tropicana Slim.

 

 

Sumber:

  1. Food-Info, an Initiative of Wageningen University. 2011. Types of sugar and related products. http://www.food-info.net/id/products/sugar/types.htm
  2. Duyff RL. 2006. American Dietetic Association Complete Food and Nutrition Guide 3rd John Wiley & Sons, Inc, New Jersey.
  3. Navitas Naturals. 2008. Nutrition Information – Palm Sugar. http://www.navitasnaturals.com/products/palm/palm-sugar.html
  4. livestrong.com. Powdered Sugar Calories. http://www.livestrong.com/article/307456-powdered-sugar-calories/
  5. 2010. Calories in Rock Sugar. http://www.livestrong.com/article/317670-calories-in-rock-sugar/
  6. 2008. 1 Teaspoon Brown Sugar. http://www.livestrong.com/thedailyplate/nutrition-calories/food/generic/1-teaspoon-brown-sugar/
  7. Department of Agriculture, Agricultural Research Service. 2010. USDA National Nutrient Database for Standard Reference, Release 23. Nutrient Data Laboratory Home Page, http://www.ars.usda.gov/ba/bhnrc/ndl
  8. Permenkes RI No 30 Tahun 2013
  9. Journal of Physiology and Behavior: The Safety and Regulatory Process for Low Calorie Sweeteners in The United States 2016 http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26930537
  10. foodinsight.org/articles/facts-about-low-calorie-sweeteners
    eufic.org/article/en/artid/low-calorie-sweeteners/

Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *