Makanan Tetap Lezat Meskipun Tanpa Garam

6 August 2015

Untuk mencegah hipertensi dan beberapa penyakit lainnya, baik pakar maupun tips-tips kesehatan akan menganjurkan Anda untuk melakukan diet rendah garam. Terutama, bila Anda memiliki diabetes, tentu risiko hipertensi Anda menjadi lebih tinggi. Diet rendah garam adalah suatu upaya untuk mengurangi atau menghindari konsumsi garam. Hal tersebut tentu terasa sulit mengingat garam merupakan salah satu penyedap makanan yang umum dikonsumsi.

 

Makanan yang tidak menggunakan garam tak selalu memiliki rasa hambar dan kurang lezat. Anda dapat memasak sendiri makanan lezat selama menjalani diet rendah garam dengan beberapa tips panduan berikut ini:

1. Apabila biasanya Anda membumbui daging dengan garam dan merica, cobalah untuk mengganti garam dengan jus jeruk atau nanas.
2. Pilih makanan segar dan kurangi mengonsumsi makanan beku atau kalengan. Hal ini karena kandungan garam dalam makanan beku atau kalengan biasanya cukup tinggi.
3. Ganti penggunaan garam dengan rempah-rempah yang tidak mengandung garam, seperti bawang putih, kemangi, seledri, lemon/jeruk nipis, bubuk cabai, kayu manis, jintan, paprika, dan lada.

 

Saat makan di luar rumah, Anda tentu tidak dapat mengontrol penggunaan garam pada hidangan yang akan dikonsumsi. Solusinya, Anda dapat meminta pada pelayan untuk mengurangi garam pada makanan yang Anda pesan. Dengan melakukan diet rendah garam  ini selama 2 minggu, Anda akan terbiasa mengonsumsi makanan rendah garam. Selain itu, risiko terkena hipertensi dan penyakit lain pun akan berkurang.

 

 

Source:
1)     webmd.com/food-recipes/guide/low-sodium-recipe-cooking-tips
2)     webmd.com/diabetes/diabetes-understanding-salt
Diakses pada 18 Januari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *