Makanan Tepat untuk Kualitas Tidur Lebih Baik

24 August 2015

Apakah Anda sering mengalami insomnia? Jika ya, sebaiknya Anda tidak terburu mengonsumsi obat tidur. Tahukah Anda? Ternyata, masalah tidur seperti insomnia juga dapat disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat, lho. Makanan yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Dan, apabila Anda teratur menjalankan pola makan sehat, kebiasaan baik ini dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

 

Selain mempengaruhi kondisi tubuh, pola makan sehat juga berkontribusi terhadap kualitas tidur seseorang. Ada makanan yang membuat Anda tidur dengan nyenyak, dan ada pula makanan yang justru menyebabkan Anda mengalami insomnia. Maka dari itu, mari cari tahu beberapa tips pola makan sehat yang dapat membuat tidur lebih lelap:

 

1. Hindari Minuman Berkafein dan Beralkohol

Apakah Anda harus menghindari minuman berkafein dan beralkohol untuk selamanya? Tidak. Namun, sebaiknya dalam waktu 5 jam sebelum tidur Anda tidak mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, soda dan teh. Hindari pula minuman beralkohol yang membuat jantung berdegup lebih kencang, sakit kepala, dan masalah lain yang membuat Anda sulit terlelap.

 

2. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tidak hanya menimbulkan masalah obesitas, tetapi juga mengganggu kualitas tidur Anda. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang gemar mengonsumsi gorengan, junk food dan jenis makanan berlemak lainnya lebih sering mengalami insomnia.

 

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Amino Triptofan

Asam amino triptofan dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi pisang, madu, susu dan oat. Asam amino triptofan dapat membuat tidur Anda lebih lelap dan nyenyak.

 

4. Hindari Makan dengan Porsi Besar 4 Jam Sebelum Tidur

Makan dengan porsi besar membuat lambung Anda menjadi penuh. Akibatnya, Anda bisa saja mengalami gangguan pencernaan pada malam hari dan membuat waktu tidur Anda terganggu.

 

5. Hindari Minum Banyak Air Sebelum Tidur

Kebanyakan minum membuat Anda harus terus menerus buang air kecil. Selain itu, perut Anda pun menjadi begah dan kembung. Masalah-masalah tersebut tentu dapat mengurangi kualitas tidur Anda.

 

 

Sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat tidur, cobalah untuk memperbaiki pola makan Anda terlebih dahulu. Lakukan pola makan sehat secara tepat untuk kualitas tidur yang lebih baik.

 

 

 

Source:
tropicanaslim.com/food-for-your-sleep
webmd.com/sleep-disorders/features/doze-control-eat-right-youll-sleep-like-baby?page=2
Diakses pada 21 Januari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *