Makanan Sehat untuk Manula

29 September 2015

Pertambahan usia memang menjadi proses kehidupan yang pasti dilalui setiap orang. Ketika usia Anda bertambah, bukan berarti Anda boleh kehilangan semangat dan energi untuk beraktivitas, lho. Pengertian pola hidup sehat  yang telah Anda pahami dan jalankan sejak muda akan membawa hidup Anda jauh lebih fit dan sehat di usia lanjut.

 

Manula yang sehat dan bersemangat tentu memilih mengonsumsi makanan sehat untuk mendukung aktivitasnya setiap hari. Makanan sehat dan nutrisi apa sajakah yang harus dikonsumsi oleh manula?


Makanan kaya serat

Kandungan serat dalam makanan akan membantu memperlancar sistem pencernaan dan meminimalkan risiko konstipasi. Para manula bisa memperoleh kandungan serat melalui konsumsi sayuran, buah-buahan, gandum dan kacang-kacangan. Untuk mempermudah proses mencerna, sayur dan kacang-kacangan bisa dimasak dengan cara dikukus atau diolah menjadi sup hingga teksturnya menjadi lembut.


Protein untuk regenerasi sel-sel tubuh

Proses regenerasi sel-sel tubuh akan terbantu dengan konsumsi protein dalam jumlah yang optimal. Beberapa jenis sumber protein yang mudah dikonsumsi oleh manula antara lain adalah ikan, telur, produk turunan kacang kedelai (tahu, tempe, susu).


Vitamin dan mineral

Meskipun tergolong sebagai zat yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, kecukupan vitamin dan mineral perlu diperhatikan agar proses metabolisme tubuh tetap berlangsung secara seimbang. Banyak sekali bahan makanan yang menjadi sumber vitamin dan mineral, mulai dari aneka jenis daging, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

 

Untuk melengkapi asupan makanan sehat  bagi manula, jangan lupa juga untuk memenuhi asupan cairan setiap harinya. Kandungan air yang cukup di dalam tubuh akan membantu proses metabolisme, meningkatkan konsentrasi, dan meminimalkan terjadinya dehidrasi.

 

 

Sources:
healthline.com/health/healthy-eating-for-seniors
webmd.com/healthy-aging/nutrition-world-3/eating-problems
Diakses pada : 9 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *