Makanan Lezat dan Sehat untuk Kesehatan Jantung, Apakah Itu?

26 June 2015

Penderita penyakit jantung sepertinya tidak perlu bersedih karena harus mengkonsumsi makanan yang tawar melulu. Pada umumnya, makanan sehat memang identik dengan makanan dengan rasa tawar dan tidak enak. Namun, bukan berarti penderita penyakit jantung tidak dapat mengkonsumsi makanan yang lezat dan sehat, salah satu makanan yang baik untuk penderita penyakit jantung adalah coklat. Bukankah coklat dapat menyebabkan kegemukan? Tidak, jika Anda mengkonsumsi secukupnya, maka Anda dapat merasakan manfaat baik dari coklat dan terhindar dari kegemukan.

Coklat - Makanan Sehat untuk Jantung

Coklat memang salah satu jenis makanan sehat untuk jantung karena berasa dari biji kokoa. Biji kokoa mengandung banyak polifenol. Bahkan polifenol yang terdapat di dalam coklat jauh lebih banyak dibanding jumlah polifenol dalam anggur dan teh. Selain itu, di dalam coklat terdapat banyak senyawa aktif yang dapat menjadi antioksidan, meningkatkan kolestrol baik, menurunkan hipertensi, memperbaiki fungsi pembuluh darah serta melindungi dari sejumlah penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

 

Melihat semua kebaikan coklat, lantas apakah Anda harus mengkonsumsi coklat batang setiap hari? Tidak harus setiap hari, karena jika dikonsumsi secara berlebihan coklat akan menyebabkan obesitas. Pilihan coklat yang baik adalah dari jenis dark chocolate. Coklat tidak hanya baik dikonsumsi dalam bentuk batangan saja, tetapi susu coklat juga memiliki manfaat yang sama. Tapi ingat, pilihlah susu coklat yang rendah lemak (low-fat) ! Konsumsi susu coklat secara rutin juga efektif menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh. Tak hanya kolestrol jahat saja yang turun, Anda juga dapat memperoleh vitamin, mineral dan kalsium yang baik untuk tulang Anda.

 

Selain memilih susu low-fat, Anda juga dapat memilih susu yang mengandung Omega 3 dan serat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Omega 3 memang dikenal sebagai pencegah risiko jantung koroner, namun juga harus di imbangi dengan berolahraga dan penurunan berat badan jika melebihi batas normal.

 

Makanan sehat untuk jantung tidak hanya makanan hambar dan kurang enak kok! Susu dan coklat adalah makanan lezat yang dapat menjaga kesehatan jantung Anda, kan?

 

 

Sumber:
- tropicanaslim.com/manfaat-coklat-untuk-jantung-anda
- tropicanaslim.com/omega-3-melindungi-jantung-anda-dari-si-jahat


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *