Makanan Ini Menjadi Salah Satu Tips Menurunkan Darah Tinggi

1 May 2015

Salah satu faktor yang mempengaruhi tekanan darah adalah pola makan seseorang. Pola makan yang tepat dapat mengurangi risiko penyakit darah tinggi, bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Apa sajakah makanan penurun darah tinggi yang bermanfaat? Simak tips menurunkan tekanan darah tinggi di bawah ini.

 

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Konsumsi Buah 

Buah kaya akan serat yang baik untuk kesehatan jantung dan memperlancar pencernaan. Tak hanya itu, kandungan potassium dan magnesiumnya yang tinggi juga membuatnya jadi pilihan yang tepat sebagai makanan penurun darah tinggi. Gantilah camilan-camilan tidak sehat yang tinggi garam, seperti keripik dan mie instan, dengan buah-buahan segar. Buah-buahan segar rendah kandungan sodiumnya namun kaya akan serat dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan.

 

Berikut adalah beberapa pilihan tips penyajian buah segar yang bisa membantu Anda dalam menjalankan pola hidup sehat guna menurunkan tekanan darah tinggi:

 

Jeruk

Siapa yang tidak kenal buah sitrus ini? Jeruk adalah buah yang sarat dengan kandungan Vitamin C, potassium, dan serat. Buah jeruk bisa dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai topping ketika Anda menyantap oatmeal. Namun, Anda juga bisa membuat jus segar dari buah berwarna orange ini.

 

Buah Beri

Segala jenis buah beri, seperti stroberi, blackberry, blueberry, dan raspberry mengandung potasium yang tidak kalah besar dibanding buah-buahan lain. Semangkuk buah beri mengandung 200 mg potasium. Tidak perlu selalu mengonsumsi buah ini secara langsung karena Anda bisa mengolahnya menjadi jus sehingga lebih mudah dan nikmat dikonsumsi.

 

Mentimun

Anda tentu biasa menjumpai mentimum ketika sedang menyantap makanan yang disajikan bersama lalapan. Nah, tahukah Anda bahwa mentimun adalah salah satu jenis buah yang sarat akan kandungan potasium? Di samping itu, mentimun juga kaya akan kandungan air sehingga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

 

Tomat

Buah yang satu ini dikenal sebagai salah satu buah terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya, dengan membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang diselenggarakan di Universitas Ben Gurion membuktikan hal ini dengan melakukan percobaan yang melibatkan 31 orang. Selama 16 hari, 31 orang peserta tersebut mengonsumsi ekstrak tomat dan hasilnya tekanan darah sistolik mereka menurun hingga 10 poin sedang tekanan darah diastolik menurun sampai 4 poin.

 

 

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Konsumsi Sayur 

Wortel, brokoli, sayuran hijau, kentang, labu, dan ubi manis kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Termasuk di dalamnya, mineral potasium dan magnesium yang juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, bayam juga merupakan sayuran favorit yang dapat menjadi pilihan. Pastikan sayur yang kaya manfaat ini selalu melengkapi piring Anda saat makan.

 

Konsumsi Susu Bebas Lemak atau Rendah Lemak 

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu bebas lemak berkaitan dengan penurunan tekanan darah pada mereka yang memiliki tekanan darah agak tinggi. Efek positif ini diyakini berkaitan dengan kandungan protein, vitamin D, serta mineral kalsium, potassium, dan magnesium pada susu.

 

Pilihan Makanan Penurun Darah Tinggi Lainnya 

Selain makanan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat banyak pilihan makanan lainnya yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Apa sajakah pilihan makanan tersebut? Berikut ini adalah daftar makanan penurun darah tinggi yang sudah dirangkum untuk Anda:

 

Bit

Nitrat yang terkandung pada bit merupakan senyawa yang memiliki kontribusi dalam menurunkan tekanan darah. Bahkan, menurut sebuah penelitian, konsumsi 1 gelas jus buah bit setiap hari sudah dapat bermanfaat untuk penderita hipertensi.

 

Minyak Ikan

Sudah menjadi rahasia umum bila suplemen minyak ikan mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat positif dari konsumsi suplemen minyak ikan untuk membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

 

Agar hasil yang diperoleh lebih efektif, kombinasikan tips menurunkan tekanan darah tinggi ini dengan rutin berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Tidak perlu berolahraga berat, cukup olahraga dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat, bersepeda, atau jogging.

 

Jadi, tidak hanya mengonsumsi makanan penurun darah tinggi saja, Anda juga harus menjalankan pola makan sehat dan melakukan sejumlah aktivitas gerak yang aktif untuk mempercepat proses penurunan tekanan darah Anda. Nah, semoga tips menurunkan tekanan darah tinggi di atas bisa membantu Anda mengatasi hipertensi atau untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal.

 

 

Source:

Hypotensive effects of solitary addition of conventional nonfat dairy products to the routine diet: a randomized controlled trial. Am J Clin Nutr 2014; 100:80–7.

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/high-blood-pressure-diet

nhlbi.nih.gov/files/docs/public/heart/hbp_low.pdf

bodybuilding.com/fun/11-foods-scientifically-proven-to-lower-your-blood-pressure.html

prevention.com/food/13-power-foods-that-lower-blood-pressure-naturally

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *