Makanan Ini Menjadi Salah Satu Tips Menurunkan Darah Tinggi

1 May 2015

Salah satu faktor yang mempengaruhi tekanan darah adalah pola makan seseorang. Pola makan yang tepat dapat mengurangi risiko penyakit darah tinggi, bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Apa sajakah makanan penurun darah tinggi yang bermanfaat? Simak tips menurunkan tekanan darah tinggi di bawah ini.

 

Jadikan buah sebagai camilan sehat

Buah kaya akan serat yang baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, kandungan potassium dan magnesiumnya yang tinggi juga membuatnya jadi pilihan yang tepat sebagai makanan penurun darah tinggi. Gantilah camilan-camilan tidak sehat yang tinggi garam, seperti keripik dan mie instan, dengan buah-buahan seperti apel, pisang, anggur, jeruk, melon, dan strawberi sebagai pilihan yang lebih sehat.

 

Penuhi piring dengan sayur

Wortel, brokoli, sayuran hijau, kentang, labu, dan ubi manis kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Termasuk di dalamnya, mineral potassium dan magnesium yang juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah. Pastikan sayur yang bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi ini selalu melengkapi piring Anda saat makan.

 

Konsumsi susu bebas lemak atau rendah lemak

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu bebas lemak berkaitan dengan penurunan tekanan darah pada mereka yang memiliki tekanan darah agak tinggi. Efek positif ini diyakini berkaitan dengan kandungan protein, vitamin D, serta mineral kalsium, potassium, dan magnesium pada susu.

 

Agar hasil yang diperoleh lebih efektif, kombinasikan tips menurunkan tekanan darah tinggi ini dengan rutin berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Tidak perlu berolahraga berat, cukup olahraga dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat, bersepeda, atau jogging.

 

 

Source:

Hypotensive effects of solitary addition of conventional nonfat dairy products to the routine diet: a randomized controlled trial. Am J Clin Nutr 2014; 100:80–7.

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/high-blood-pressure-diet

nhlbi.nih.gov/files/docs/public/heart/hbp_low.pdf


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *