Makan Siang Lezat untuk Diabetesi? Mudah Kok!

14 August 2015

Untuk menjaga kadar gula darah normal, penderita diabetes tentu harus makan teratur dan memperhatikan makanan yang hendak dikonsumsi. Namun, rutinitas sehari-hari sering membuat para diabetesi lalai dalam memperhatikan jam makan dan menyediakan waktu untuk menyiapkan menu makanan sehat. Padahal, hal tersebut berkontribusi untuk menjaga kadar gula darah normal  pada penderita diabetes.

 

Dalam menyiapkan menu makan siang sehat untuk penderita diabetes cukup mudah. Anda dapat menerapkan strategi ini untuk menjaga makanan tetap sehat dan nikmat:

1. Penuhi gizi dan nutrisi yang seimbang.
Makanan yang berasal dari hewani memang lezat. Akan tetapi, cobalah untuk menyeimbangkannya dengan sayur dan buah untuk memperoleh gizi dan nutrisi yang tidak diperoleh dari makanan hewani.

2. Modifikasi menu makan siang Anda.
Menyantap menu makan siang yang sama setiap hari memang membosankan. Cobalah untuk memodifikasi menu makan siang Anda dengan resep diet untuk diabetes yang dapat diperoleh di berbagai majalah atau buku resep.

3. Pilih menu cepat saji yang sehat.
Anda dapat menyantap menu makan siang yang cepat, namun tetap sehat. Misalnya, yogurt yang dikombinasikan dengan sandwich atau buah segar.

4. Buat rencana menu makan siang Anda.
Untuk menghemat waktu, cobalah untuk membuat daftar menu makan siang untuk seminggu ke depan. Variasikan menu agar Anda tidak mudah bosan.

 

Beberapa menu makan siang sehat berikut juga dapat menjadi referensi dalam membuat makanan untuk diabetes yang sehat dan praktis:

1. Sandwich yang berisi daging ayam atau ikan tuna dengan tambahan sayur-sayuran segar, seperti tomat dan selada. Gunakan roti gandum sebagai pengganti roti tawar untuk sandwich sehat Anda.

2. Salad buah dan sayur tanpa dressing mayones atau mustard merupakan menu makan siang yang sehat dan segar. Sebagai pengganti mayones, Anda dapat menggunakan sedikit olive oil.

3. Pasta, misalnya spaghetti dan fettucini adalah pilihan menu makan siang yang lezat. Namun, Anda perlu membuat sausnya sendiri dari bahan-bahan yang segar dan hidari penggunaan krim karena tinggi lemak.

 

Selain memilih menu makan siang yang sehat, penderita diabetes juga wajib menghindari beberapa makanan yang tinggi gula dan pemanis. Konsumsi air putih untuk mengimbangi menu makan siang sehat yang sudah Anda konsumsi.

 

 

Source:
everydayhealth.com/type-2-diabetes/seven-lunch-ideas-for-diabetes.aspx
everydayhealth.com/diabetes-pictures/10-condiments-and-spices-for-the-diabetes-diet.aspx#01
everydayhealth.com/health-report/type-2-diabetes/workday-lunches-for-diabetes-diet.aspx
Diakses pada 30 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *