Liburan sehat tetap bisa nikmat

20 December 2012

Saat liburan tentunya menjadi saat yang paling menyenangkan, karena bisa istirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari yang padat dan berkumpul dengan orang-orang yang kita sayangi. Di momen seperti pula biasanya disajikan masakan-masakan legendaris keluarga yang enak, maupun kue-kue yang mengundang selera. Sekali-sekali boleh lah makan enak, mumpung sedang kumpul bersama keluarga. Mungkin begitu yang ada di pikiran Anda.  Tapi tanpa sadar, di situasi seperti itu, kita justru makan berlebihan sehingga di akhir masa liburan. Pakaian mendadak terasa lebih sempit, hasil laboratorium cek kolesterol dan gula mendadak memburuk.

Waktu liburan memang merupakan titik rawan godaan untuk makan makanan-makanan tinggi kalori dan tinggi lemak, sedangkan kesempatan untuk berolahraga yang lebih sedikit. Efek penambahan berat badan misalnya, tidak benar-benar bisa hilang setelah liburan selesai, melainkan terakumulasi dan menyebabkan risiko Anda terkena obesitas menjadi lebih tinggi.

 

Tapi, hidup sehat bukan berarti melewatkan makanan enak. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk tetap menikmati saat liburan dengan lebih sehat. Ikutin tips simple berikut untuk tetap menikmati liburan sehatmu.

 

  • Untuk yang terbiasa memasak sendiri untuk keluarga, cobalah berkreasi dengan resep keluarga dengan memodifikasi cara memasak atau bahan dengan yang lebih sehat. Misalnya, menggunakan kecap yang lebih rendah garam, atau menggunakan alternatif cara memasak yang lebih sehat misalnya mengukus atau memanggang daripada menggoreng.
  • Kue-kue bisa dibuat lebih rendah kalori dengan mengurangi jumlah gula yang dipakai. Untuk mendapatkan rasa yang tetap manis, kamu bisa menggantikan sejumlah gula dengan pemanis rendah kalori.
  • Rencanakan ‘liburan aktif’. Kumpul keluarga tidak harus selalu diisi dengan mengobrol di rumah. Usulkan untuk berwisata ke pantai atau ke tempat rekreasi lainnya dan memasukkan olahraga sebagai agenda liburan. Lebih fun, sekaligus lebih sehat karena semua bergerak aktif.

 

References

  1. Phelan S, Wing RR, Raynor HA, Dibello J,  Nedeau K, Peng W. 2008. Holiday weight management by successful weight losers and normal weight individuals. Journal of Consulting and Clinical Psychology 76(3) 442-448
  2. WebMD. 2005. 10 Ways to Avoid Holiday Weight Gain. http://www.webmd.com/diet/features/10-ways-to-avoid-holiday-weight-gain?page=2


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *