Liburan? Hidup Sehat Jalan Terus, Dong!

8 April 2015

“Saat libur, puas-puasin makan enak, deh!” Apakah pikiran tersebut ada dalam benak Anda? Nah, itu berarti Anda sudah lupa dengan pola hidup sehat yang sudah dianut sebelum libur. Agar pola dan gaya hidup yang sehat tidak kacau, terapkan juga yuk pada saat liburan. Jadi, liburan bisa tetap fun, kesehatan juga bisa tetap terjaga!

 

Liburan harus tetap berjalan dengan lancar dong, hanya saja Anda tetap harus memperhatikan tips hidup sehat melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Misalnya, saat liburan Anda mengonsumsi makanan bersantan seperti rendang, opor ayam dan kue-kue kering yang manis. Nah, Anda harus memastikan bahwa ada sayuran dan buah-buahan juga di menu Anda berikutnya.

 

Jika Anda masih kesulitan menerapkan pola hidup sehat, cobalah untuk menerapkan tips hidup sehat selama berlibur berikut ini:

a. Jika memungkinkan, ajak keluarga untuk bersama-sama membuat makanan yang lebih sehat. Mengurangi penggunaan garam pada masakan juga dapat mengurangi risiko hipertensi. Selain itu, makanan yang biasa digoreng dapat diganti dengan makanan yang berkuah atau dikukus.

b. Beberapa jenis kue hari raya memang memiliki rasa manis yang cukup pekat. Solusinya, ganti gula pasir dengan gula rendah kalori. Kurangi juga penggunaan margarin pada kue karena margarin mengandung banyak trans fat dan lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan.

c. Liburan tak harus duduk santai atau berdiam saja di dalam rumah. Manfaatkan waktu liburan untuk mengajak seluruh keluarga melakukan kegiatan outdoor yang menyenangkan. Misalnya, berwisata alam ke pegunungan atau pantai dapat menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Jika tidak ingin pergi jauh, ajak keluarga untuk bermain sambil berolahraga, seperti voli, basket atau bulu tangkis.

 

Liburan tak melulu harus identik dengan makanan tidak sehat dan berdiam diri seharian di rumah. Dengan tips hidup sehat di atas, liburan liburan Anda bisa tetap fun, badan pun tetap sehat dan bugar. Yuk, buat liburan yang lebih sehat!

 

 

Sumber:

tropicanaslim.com/liburan-sehat-tetap-bisa-nikmat

tropicanaslim.com/tipshidupsehatpascalibur

Diakses pada 12 Agustus 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *