Langkah Memulai Hidup Sehat

4 May 2015

“Hidup sehat? Duh, ga enak! Sulit, ah! Ribet banget deh kayaknya!”

 

Apakah Anda berpikiran hal yang sama? Pola hidup sehat sudah seharusnya diterapkan sedini mungkin demi kualitas hidup yang baik. Namun, banyak orang yang enggan memulainya karena dianggap sulit dan tidak menyenangkan. Padahal, untuk memulainya Anda hanya memerlukan 3 kunci utama, yaitu nutrisi yang tepat, olahraga yang teratur, dan istirahat yang cukup.

 

Lalu, bagaimana cara memulai pola hidup sehat? Berikut tips kesehatan sederhana yang bisa Anda ikuti:

 

  1. Tingkatkan konsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah yang dijus, dikalengkan, dibekukan, atau dikeringkan. Jika Anda mengonsumsi buah kalengan, rendam buahnya terlebih dahulu di dalam air matang agar kandungan gulanya berkurang.

Tambahkan potongan-potongan apel, pisang, atau buah lain pada sereal Anda.

Ganti gorengan dengan pisang atau apel sebagai camilan yang lebih sehat.

Tambahkan minimal 2 jenis sayuran pada makanan utama Anda. Hindari terlalu lama memasak sayuran. Mengukus dan menumis adalah metode memasak yang dapat meminimalisir hilangnya kandungan gizi pada sayur.

 

  1. Minum air putih

Air memiliki peranan dalam sistem transportasi, pengaturan suhu, dan perlindungan bagi tubuh. Oleh sebab itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda tercukupi setiap harinya.

 

  1. Tingkatkan aktivitas fisik dari hal kecil

Selain rutin berolahraga, Anda juga disarankan untuk selalu melakukan aktivitas fisik secara teratur. Contohnya, berjalan kaki, naik tangga, dan menambah waktu berdiri selama 1 jam setiap harinya. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko kesehatan di kemudian hari.

 

  1. Istirahat yang cukup

Tidur adalah waktu bagi sel-sel tubuh melakukan regenerasi. Itulah sebabnya, sepadat apapun aktivitas harian Anda, tetaplah berusaha untuk mendapatkan tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari.

 

Siapa bilang hidup sehat itu tidak enak dan sulit? Justru, saat Anda sakit, hidup yang cuma sekali akan terasa begitu tidak menyenangkan. Dengan tips kesehatan sederhana di atas, Anda bisa memiliki kesempatan menikmati hidup dan berkumpul bersama orang tersayang lebih lama. Mulailah pola hidup sehat dari sekarang!

 

Source:

  1. Pedoman Umum Gizi Seimbang, Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
  2. The Australian Guide to Healthy Eating.
  3. Annals of Internal Medicine 2010; 153 (7):435-441.

Diakses pada 15 September 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *