Lakukan Hal Ini sebelum Penyakit Jantung Menghampiri!

4 November 2015

Tahukah Anda? Setiap orang memiliki risiko terkena penyakit jantung. Seperti yang kita ketahui, penyakit jantung dapat menjadi penyebab utama kematian bagi penderitanya. Keadaan ini tidak seharusnya membuat Anda berputus asa dan menyerah pada penyakit jantung. Karena sebelum tanda-tanda penyakit jantung  datang menghampiri, Anda dapat mencegahnya dengan melakukan beberapa aktivitas yang berguna untuk memelihara kesehatan jantung.

 

Sebagian besar faktor pemicu timbulnya tanda-tanda penyakit jantung adalah gaya hidup yang kurang sehat. Namun, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas sehat berikut untuk mencegah penyakit jantung dan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat:

 

1. Olahraga Secara Teratur

Olahraga memberikan segudang manfaat positif bagi manusia, salah satunya untuk membantu pencegahan penyakit jantung. Selain untuk memelihara kesehatan jantung, olahraga juga berguna untuk mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah. Luangkan waktu 30-60 menit untuk melakukan olahraga setiap hari.

 

2. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Jantung

Makanan yang kaya serat sangat baik untuk jantung. Di samping itu, ada beberapa jenis makanan lain yang juga baik untuk jantung seperti kacang-kacangan dan makanan yang mengandung omega-3. Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung, Anda juga harus menghindari makanan yang buruk bagi jantung seperti makanan berlemak yang mengandung lemak jenuh.

 

3. Hindari Kebiasaan Merokok

Rokok dan segala jenis tembakau merupakan salah satu faktor utama timbulnya tanda-tanda penyakit jantung. Tembakau mengandung bahan kimia yang dapat merusak kesehatan jantung dan pembuluh darah.

 

4. Miliki Kualitas Tidur yang Baik

Cukup tidur di malam hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Atur jadwal tidur Anda dan kurangi kebiasaan begadang agar Anda memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

 

5. Periksakan Kesehatan Secara Rutin

Pastikan kesehatan jantung Anda terkontrol dengan baik. Setidaknya periksakan kesehatan jantung Anda ke dokter selama beberapa bulan sekali.

 

Aktivitas yang baik untuk kesehatan jantung ini tidak hanya bermanfaat untuk Anda yang ingin mencegah penyakit jantung. Bagi pasien penderita penyakit jantung pun, aktivitas-aktivitas ini sangat baik untuk memelihara kesehatan jantungnya. Lindungi kesehatan jantung Anda dari sekarang.

 

 

Source:

webmd.com/heart-disease/heart-disease-prevention-exercise

mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/heart-disease-prevention/art-20046502

everydayhealth.com/heart-health-pictures/heart-disease-prevention.aspx

Diakses pada 6 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *