Kopi: Amankah untuk Penderita Penyakit Jantung?

16 March 2016

Kopi diklaim dapat meningkatkan tekanan darah, kolesterol jahat, dan risiko penyakit jantung. Di sisi lain, ada penelitian yang menyatakan bahwa kopi tidak berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit jantung. Lantas, bagaimana dengan penderita penyakit jantung  yang gemar menikmati kopi? Amankah kopi untuk pasien penyakit jantung?

 

Banyaknya pro dan kontra mengenai kopi untuk penderita penyakit jantung tentu membuat Anda bingung. Berikut ini adalah pengaruh kopi terhadap kesehatan dan beberapa penyakit yang perlu Anda ketahui:

 

Kopi dan Tekanan Darah

Konsumsi kopi yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah, terutama bagi seseorang yang tidak terbiasa mengosumsinya. mmHg. Memang studi yang menunjukkan kenaikan tekanan darah diakibatkan kopi masih simpang surd an berbeda-beda untuk tiap kelompok. Namun, disinyalir asupan kafein yang terlalu banyak inilah yang dapat memicu hipertensi dan menyebabkan komplikasi pada penyakit jantung. Maka dari itu, apabila Anda sudah menderita hipertensi, disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi untuk menghindarkan kemungkinan kenaikan tekanan darah.

 

Kopi dan Aritmia

“Semakin banyak Anda mengonsumsi kopi, maka risiko aritmia jantung juga semakin meningkat” Opini tersebut sebenarnya tidak berlaku jika Anda mengonsumsi kopi dalam jumlah sewajarnya. Namun, apabila aritmia jantung sensitif, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kopi. Jika aritmia jantung sensitif, Anda akan merasakan jantung berdebar pasca minum kopi.

 

Kopi dan Penyakit Jantung

Metaanalisis menunjukkan konsumsi kopi hingga 4 cangkir dapat menurunkan risiko penyakit jantung, namun manfaat ini hilang ketika konsumsi lebih dari takaran tersebut. Namun, perlu diperhatikan bahwa biasanya konsumsi kopi sering disertai tambahan gula dan creamer yang tinggi lemak yang dapat meningkatkan risiko kegemukan dan penyakit degeneratif lain.

 

Selain mencari cara mengobati penyakit jantung , pasien penyakit jantung terutama yang memiliki tekanan darah tinggi juga harus mengurangi kebiasaan minum kopi. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil agar tidak memperparah penyakit jantung Anda.

 

 

Source:

heartdisease.about.com/od/reducingcardiacrisk/a/Coffee-and-Heart-Disease.htm

webmd.com/mental-health/news/20020801/is-caffeine-bad-for-your-heart

Diakses pada 23 Juni 2015

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *