Kontrol Diabetes = Kontrol ABC

5 February 2013 Tahukah Anda jika Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak? Menurut data IDF (International Diabetes Federation), Indonesia adalah negara urutan ke-10 dalam hal jumlah penderita diabetes pada tahun 2011 di dunia dan naik menjadi peringkat ke-7 pada tahun 2012. Tentunya, fakta ini cukup mengagetkan, bukan? Oleh karena itu, pencegahan diabetes sejak dini merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Before Diabetes is Pre-Diabetes Ketika hasil cek gula darah Anda menunjukkan kadar nilai gula darah puasa adalah 100-125 mg/dL dan nilai toleransi glukosa oral mencapai 140-199 mg/dL, kondisi inilah yang disebut sebagai pre-diabetes. Prediabetes adalah ketika kadar gula darah cukup tinggi namun belum dapat dikatakan menderita diabetes. Ketika Anda dalam kondisi, pre-diabetes, Anda dapat menurunkan kembali kadar gula darah menjadi batas normal kembali. Selain, kadar gula darah, apakah ada pemeriksaan lain yang bisa Anda lakukan untuk kontrol diabetes Anda? Introducing: ABC Health Check.. Perkenalkan, ABC Health Check! Dengan pemeriksaan praktis ini, Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan Anda terkini, dan bukan hanya resiko diabetes, tapi juga resiko sakit jantung atau darah tinggi yang bisa saja saling berkomplikasi dengan diabetes atau penyakit lainnya. 1. A1C Hemoglobin Test o Test ini memberikan indikasi yang akurat mengenai rata-rata kadar gula darah selama 2-3 bulan terakhir o Test ini berfungsi untuk mengukur persentase hemoglobin yang terikat dengan glukosa, semakin banyak glukosa yang terikat pada hemoglobin, maka kadar gula darah akan semakin tinggi. o Kadar HbA1C yang lebih rendah dari 6.5% menandakan kadar gula darah normal. 2. Blood Pressure Test Tekanan darah tinggi merupakan salah satu indikator penting untuk terhindar dari gangguan kesehatan seperti resiko penyakit jantung, stroke, dll. Tekanan darah yang normal adalah 110/70 mmHg sampai 120/80 mmHg. 3. Cholesterol Test Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah mengakibatkan penumpukan plak yang berujung pada penyumbatan arteri dan penyakit jantung. Hal inilah yang berakibat pada komplikasi penyakit yang tidak diinginkan di kemudian hari. Tabel berikut menunjukkan tabel jumlah masing-masing jenis kolesterol dan resiko nya terhadap penyakit jantung. Jadi, mulai cegah diabetes sedari dini dan cek kondisi Anda dengan ABC Health Check! References: American Medical Association. 2006. Guide to living with Diabetes. John Wiley & Sons, Inc, New Jersey.


Comments

  1. binti salamah

    February 11, 2013, 4:15 pm

    dimana bisa melakukan ABC Health Chek ? saya di kota mojokerto jawa timur

    1. admintropicana

      February 14, 2013, 2:15 pm

      @Binti Salamah : informasi selengkapnya kami kirim via email ya. Silahkan di check.

      Salam,
      Tropicana Slim

  2. Nengah Sudira

    June 17, 2013, 10:15 am

    saya adalah mengidap Hipertensi . untuk gula darah normal 100.dl. saya minum obat generix. CAPTOPRIL.TKS MOHON PENJELASAN.!!!

  3. aldo

    August 22, 2013, 2:16 am

    kemaren saya melakukan cek kadar gula darah setelah saya makan siang dan hasilnya kadar gula saya 204..apakah saya sudah menderita diabetes ? Bagaimana cara saya untuk menurunkan kadar gula darah saya tersebut ? Terima kasih

  4. hna

    December 6, 2013, 10:39 am

    susu buat penderita diabet apa ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *