Konsumsi Yogurt untuk Jantung Sehat

20 November 2015

Banyak sekali makanan yang bisa Anda pilih untuk memuaskan hasrat mengonsumsi makanan lezat. Namun sayangnya, tidak semua makanan itu sehat untuk jantung Anda. Dibutuhkan sedikit kejelian untuk memilih makanan sehat untuk jantung Anda. Nah, salah satu bahan makanan sehat dan lezat yang dapat meminimalkan risiko penyakit jantung  adalah yogurt.

 

Yogurt adalah salah satu makanan sehat untuk jantung 

Tidak hanya bercitarasa segar dan baik untuk memperlancar sistem pencernaan, yogurt juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Menurut studi sains medis yang dilakukan oleh Universitas Shahid Behehsti, kandungan vitamin D pada yogurt memiliki manfaat untuk meminimalkan terjadinya peradangan dan peningkatan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes tipe 2. Pada umumnya, para penderita diabetes tipe 2 juga memiliki risiko komplikasi penyakit jantung dan stroke yang tinggi. Namun, dengan mengonsumsi yogurt dalam porsi yang seimbang, risiko peningkatan kadar gula darah dan risiko komplikasi penyakit jantung bisa diminimalkan.

 

Tapi, tentu saja konsumsi yogurt untuk menjaga kesehatan jantung juga harus diimbangi dengan upaya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Ketika Anda memutuskan untuk rutin mengonsumsi yogurt, maka Anda bisa mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat lainnya, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, ikan, biji-bijian, dan makanan sehat lainnya. Pasalnya, sejumlah makanan sehat tersebut juga mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung, seperti kalium, Vitamin B2 dan B12, kalsium, magnesium, seng, dan zat gizi mikro lainnya.

 

Diet sehat dengan yogurt 

Tidak hanya dianggap sebagai makanan sehat untuk jantung, makanan yang memiliki rasa segar ini juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan, yogurt diklaim dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan yang lebih baik dibanding buah dan sayur.

 

Penurunan berat badan dengan konsumsi yogurt tentu berkaitan dengan kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui, obesitas atau berat badan yang berlebih adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Ketika Anda memiliki berat badan yang ideal, maka jantung tidak perlu bekerja secara lebih keras. Dengan kata lain, diet menurunkan berat badan dengan yogurt juga secara tidak langsung dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Pengaruh yogurt terhadap tekanan darah tinggi 

Sudah menjadi rahasia umum bila tekanan darah tinggi juga merupakan faktor risiko penyakit jantung yang utama. Di Amerika Serikat, hipertensi merupakan faktor paling utama yang menyebabkan pria dan wanita terkena serangan jantung. Tekanan darah tinggi terjadi ketika darah mendorong dinding pembuluh darah dengan kekuatan atipikal, dengan menempatkan tekanan berlebihan pada otot jantung. Kondisi ini akan menyebabkan seseorang mendapatkan serangan jantung atau stroke biar dibiarkan terus menerus.

 

Penelitian baru yang dipresentasikan pada American Heart Association’s Epidemology/Lifestyle 2016 Scientific Sessions memaparkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi yogurt setiap hari dapat menurunkan tekanan darahnya yang tinggi. Penelitian yang dilaksanakan tersebut membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 5 porsi yogurt per minggu memiliki penurunan tekanan darah tinggi sampai dengan 20% bila dibandingkan dengan wanita yang hanya menyantap satu porsi yogurt dalam sebulan.

 

Namun, usaha menurunkan tekanan darah tinggi dengan menyantap yogurt ini juga harus diimbangi dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori dan natrium. Anda bisa mulai menjalankan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) mulai saat ini. Jika harus mengonsumsi produk susu, seperti yogurt, keju, dan susu, maka pilihlah produk susu yang rendah lemak.

 

Manfaat yogurt selain sebagai makanan sehat untuk jantung 

Kandungan kalium yang terdapat di dalam yogurt dapat mengurangi kelebihan natrium yang terdapat di dalam tubuh. Bahkan, probiotik yang terkandung dalam yogurt juga berperan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menyehatkan jantung. Para peneliti telah menemukan bahwa mikro-organisme dalam yogurt dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, kolesterol tinggi bisa mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

Namun, terlepas dari manfaat yogurt sebagai makanan sehat untuk jantung, ternyata ada beberapa manfaat yogurt lainnya untuk kesehatan yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Berikut adalah manfaat lain dari yogurt selain untuk menyehatkan jantung:

 

1. Melancarkan pencernaan

Bakteri baik atau probiotik yang terdapat dalam yogurt dapat membantu melancarkan pencernaan, memproses vitamin, dan melindungi tubuh dari patogen yang berbahaya. Bakteri mikroskopis aktif di dalam yogurt tidak membahayakan kesehatan. Bahkan, bakteri baik ini bisa membantu usaha Anda dalam menurunkan berat badan karena dapat membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar.

 

2. Memperkuat sistem imun

Sistem kekebalan tubuh ternyata juga dipengaruhi oleh probiotik. Di mana bakteri baik ini akan melawan bakteri asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Sebuah studi di Univesity of Vienna di Austria menyatakan bahwa konsumsi satu porsi yogurt sehari dapat meningkatkan sistem imun secara lebih baik dibanding suplemen biasa.

 

3. Kenyang lebih lama dan menurunkan berat badan

Selain dikenal sebagai makanan sehat untuk jantung, yogurt juga dikenal sebagai makanan yang efektif untuk melengkapi usaha diet menurunkan berat badan. Mengingat yogurt masih tergolong dalam produk susu, maka yogurt bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Di samping itu, probiotik di dalam yogurt juga mampu menciptakan keadaan yang kondusif di dalam usus untuk menurunkan berat badan. Yogurt merupakan sumber energi yang baik dan rendah lemak.

 

4. Kesehatan tulang

Anda tentu tahu bahwa yogurt adalah makanan yang tinggi kalsium dan Vitamin D. National Osteoporosis Foundation menyatakan bahwa yogurt adalah makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan tulang. Satu porsi yogurt mengandung 415 miligram kalsium, yakni 42% dari nilai harian kalsium yang dianjurkan. Sementara segelas susu hanya menyediakan 293 miligram kalsium saja. Yogurt adalah makanan dengan Vitamin D tinggi yang dapat memperkuat tulang dan menjaga kesehatannya.

 

Tips konsumsi yogurt yang sehat 

Sebuah studi epidemiological juga menyatakan bahwa konsumsi yogurt memiliki efek yang positif untuk menangkal serangan penyakit jantung koroner. Sehingga, hal ini tentu menguatkan bukti jika yogurt merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung Anda. Lantas, bagaimana ya cara menyantap yogurt yang sehat?

 

Pertama, Anda tentu harus memilih yogurt segar dengan masa kedaluwarsa yang masih panjang. Konsumsi yogurt tawar atau rendah kalori yang dikombinasikan dengan potongan buah-buahan bisa menjadi camilan yang sehat, segar, dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Di samping itu, Anda harus memilih yogurt yang rendah lemak tanpa gula atau pemanis tambahan. Rasa yogurt yang plain bisa dikombinasikan dengan campuran sedikit buah-buahan dengan rasa yang manis atau agak asam, seperti buah pisang, mangga, sirsak, jeruk, kiwi dan lain-lain.

 

Nah, informasi ini membuat kita tahu bahwa yogurt juga merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Maka dari itu, selalu sediakan yogurt segar di rumah untuk camilan sehat bagi jantung Anda dan keluarga.

 

 

Source:

medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=79753

diabetescare.net/article/title/vitamin-d-fortified-yogurt-drink-may-lower-risk-of-heart-disease-in-type-2-diabetics

drugs.com/npp/yogurt.html

health.clevelandclinic.org/2015/11/yogurt-good-heart/

nutritionsecrets.com/health-benefits-of-yogurt/

medicaldaily.com/high-blood-pressure-benefits-yogurt-yogurt-benefits-guard-your-heart-376404

Diakses pada : 16 April 2015

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *