Kolesterol Tinggi? Turunkan dengan Diet yang Tepat!

24 March 2016

Adakah diet sehat sebagai cara mengatasi kolesterol ?. Ya, salah satunya adalah diet rendah kolesterol adalah cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa menggunakan obat-obatan. Penasaran seperti apa diet untuk menurunkan kolesterol? Yuk, cari tahu penjelasannya!

 

Ada beberapa langkah untuk memulai diet sehat guna menurunkan kolesterol, antara adalah:

Langkah Pertama

Rancang menu makanan diet untuk menurunkan kolesterol. Seperti yang Anda ketahui, kolesterol berasal dari makanan hewani. Oleh karena itu, hindari konsumsi daging merah dan susu tinggi lemak.

 

Langkah Kedua

Bedakan jenis lemak, yakni lemak tak jenuh dan lemak jenuh. Lemak jenuh umumnya berasal dari makanan hewani dan gorengan. Sedangkan, lemak tak jenuh berasal dari tumbuh-tumbuhan. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

 

Langkah Ketiga

Konsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Perbanyak konsumsi makanan sejenis oat, buah dan sayur untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

 

Selain itu, Anda bisa mengikuti beberapa saran-saran jitu berikut saat melakukan diet untuk menurunkan kolesterol:

- Selalu olah makanan dengan cara kukus, rebus atau panggang. Sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng. Jika terpaksa, tumis makanan dengan sedikit minyak canola atau jagung.
- Ganti mentega dan butter dengan kaldu sayuran.
- Konsumsi susu low-fat untuk menggantikan susu tinggi lemak yang biasa diminum sehari-hari.

 

Diet sehat  untuk menurunkan kolesterol cukup mudah, bukan? Anda bisa menurunkan kolesterol tanpa harus mengonsumsi obat-obatan dengan melakukan diet ini.

 

 

Source:

webmd.com/cholesterol-management/features/portfolio-diet-lower-cholesterol

everydayhealth.com/news/how-follow-low-cholesterol-diet/

Diakses pada 26 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *