Kolesterol Tinggi? Segera Ganti Minyak Goreng Anda dengan Ini!

14 October 2015

Kadar kolesterol yang tinggi adalah salah satu pangkal penyebab berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung dan serangan stroke. Hal ini karena kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah dan kemudian menghalangi aliran darah dari dan ke seluruh organ tubuh.

 

Cara menurunkan kolesterol  yang sudah terlanjur tinggi sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan rendah lemak. Berbicara soal makanan rendah lemak, perlu Anda ketahui bahwa tak hanya jeroan saja yang mengandung banyak lemak dan kolesterol. Sejumlah bahan makanan bergizi juga dapat menjadi cikal bakal penyebab kolesterol bila diolah dengan minyak goreng yang tinggi kandungan lemak jenuh.

 

Nah, solusi bagi Anda yang gemar menyantap hidangan yang digoreng namun tetap ingin sehat adalah dengan menggunakan minyak yang lebih sehat seperti olive oil, canola oil, atau corn oil. Minyak zaitun misalnya, kandugan asam lemak tak jenuh tunggal di dalamnya dapat menekan proses pembentukan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa memicu penyakit jantung. Minyak lainnya seperti minyak jagung dan minyak kanola pun tergolong minyak yang baik. Kandungan asam lemak jenuh atau lemak jahat di minyak jagung dan kanola hampir tidak ada. Selain itu, minyak kanola dan minyak jagung kaya akan omega-3. Omega-3 sendiri dapat baik untuk jantung karena dapat menghambat pembentukan plak di pembuluh darah.

 

Tampaknya, khasiat penggunaan minyak yang sehat sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol patut Anda simak dan pelajari lebih lanjut. Menu gorengan Anda bisa menjadi makanan rendah lemak  jahat dengan minyak zaitun, jagung, ataupun kanola. Demi kesehatan Anda dan keluarga, tak ada salahnya mengganti minyak goreng dengan minyak yang lebih sehat, bukan? Kesehatan adalah hal yang utama.

 

 

Sources:

webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-233-olive.aspx?activeingredientid=233&activeingredientname=olive
medicalnewstoday.com/articles/266258.php
Diakses pada: 16 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *