Kolesterol Jahat dan Penyakit Jantung

14 May 2015

Kolesterol diperlukan tubuh untuk membantu proses membangun sel-sel baru, melindungi saraf, serta membantu produksi hormon. Namun, kadar kolesterol jahat berlebih dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Lantas, apa hubungan kolesterol jahat dengan penyakit jantung? Simak penjelasannya berikut ini.

Kadar kolesterol jahat dalam darah yang terlalu tinggi akan memicu pembentukan plak yang menutupi dinding arteri. Hal tersebut dikenal dengan nama aterosklerosis. Penyempitan arteri pun terjadi karena penumpukan kolesterol jahat tersebut. Akibatnya, aliran darah menuju otot jantung terhambat. Sedangkan di dalam aliran darah terdapat oksigen untuk disalurkan menuju jantung dan seluruh tubuh. Apabila oksigen di dalam darah tersebut tidak dapat mencapai jantung, penderitanya akan merasakan nyeri di bagian dada karena sel-sel pada jantung mati. Bahkan, jika suplai darah ke jantung terputus karena penyumbatan pada arteri tersebut, dampaknya adalah serangan jantung.

 

Cara mengobati penyakit jantung  adalah dengan mendapatkan perawatan medis yang tepat. Namun, untuk menghindari penyakit jantung, Anda dapat melakukan pencegahan secara dini. Salah satu cara mencegah penyakit jantung yakni dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol dibagi dalam 2 jenis, yakni LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Berikut adalah cara menurunkan kolesterol jahat (LDL):

1. Konsumsi makanan sehat dan kurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti jeroan dan seafood.
2. Berolahragalah secara teratur.
3. Jaga berat badan agar tetap ideal dan tidak mengalami obesitas.
4. Lakukan pemeriksaan ke dokter. Apabila kadar kolesterol jahat sudah sangat tinggi biasanya dokter akan memberikan resep obat penurun kolesterol.

 

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, Anda harus rutin melakukan pemeriksaan, seperti tes darah kolesterol puasa. Bila kolesterol Anda masih dalam batas normal, yakni LDL kurang dari 100 mg/dL dan HDL lebih dari 60 mg/dL, Anda hanya perlu menjaga agar kolesterol tersebut tetap dalam batas normal. Cara menurunkan kolesterol jahat tersebut juga dapat dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap dalam batas normal dan membantu Anda menghindari risiko penyakit jantung.

 

 

Source:

webmd.com/heart-disease/guide/heart-disease-lower-cholesterol-risk
webmd.com/cholesterol-management/features/high-cholesterol-risks-top-2-dangers

Diakses pada 10 Oktober 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *