Ketika Gula Darah Terlalu Tinggi

8 July 2015

Apa yang terjadi ketika gula darah terlalu tinggi? Pada angka berapakah gula darah dinyatakan terlalu tinggi? Gula darah  dinyatakan tinggi jika sudah melewati angka 240. Peningkatan glukosa dalam darah ini terjadi secara perlahan-lahan.

 

Apabila Anda pernah atau sedang menderita diabetes, sebaiknya Anda selalu rutin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Konsumsi obat tersebut juga harus didukung dengan pemilihan makanan yang dikonsumsi serta melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk menjaga gula darah normal. Pasalnya, peningkatan glukosa dalam darah ini terjadi karena kelalaian seseorang dengan tidak rutin mengonsumsi obat atau kurang menjaga makanan yang dikonsumsinya.

 

Ketika gula darah terlalu tinggi, penderitanya akan merasakan beberapa gejala, yaitu:

1. Sering buang air kecil. Ginjal Anda akan merespon peningkatan glukosa darah dengan cara membuang kelebihan glukosa melalui urin. Oleh karena itu, seseorang yang gula darahnya tinggi akan memiliki frekuensi buang air kecil yang cukup sering.

2. Merasa haus. Seringnya buang air kecil membuat seseorang dengan kadar gula darah tinggi merasa haus terus menerus.

3. Kehilangan berat badan walau nafsu makan tetap. Anda makan dengan porsi biasanya, tetapi berat Anda tiba-tiba menurun? Bisa jadi itu gejala gula darah Hal tersebut bisa terjadi karena Anda tidak memiliki cukup insulin untuk mengelola glukosa dengan baik.

4. Mudah lelah. Kondisi ini terjadi saat tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Akibatnya, orang akan kehilangan energi dan mudah lelah.

 

Agar terhindar dari gejala-gejala gula darah tinggi, sebaiknya Anda melakukan cara-cara sehat untuk menjaga agar kadar gula darah normal. Bila Anda adalah diabetesi, jangan lupa untuk mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh pihak medis dan menyeimbanginya dengan pola hidup yang sehat.

 

 

Source:
webmd.com/diabetes/blood-sugar-levels
webmd.com/diabetes/how-sugar-affects-diabetes
kidshealth.org/teen/diabetes_center/basics/high_blood_sugar.html#
Diakses pada 24 November 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *