Kenali Segudang Manfaat Angkak Bagi Kesehatan

18 March 2016

Mengonsumsi beras merah untuk diet adalah pilihan yang tepat. Namun, tahukah Anda tentang manfaat angkak untuk kesehatan? Angkak adalah sejenis beras putih yang difermentasi dengan ragi khusus selama beberapa hari hingga warnanya berubah menjadi merah. Masyarakat Cina sudah mengonsumsi angkak sebagai obat herbal sejak ratusan tahun silam.

 

Angkak mampu membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Sebuah studi kecil menyatakan bahwa konsumsi 2,4 gram angkak setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan LDL hingga 22% dan kolesterol total sebanyak 16%. Biasanya, rata-rata konsumsi angkak sebanyak 1,2 – 2,4 gram sehari. Di Cina, jumlah konsumsi angkak per harinya tentu lebih tinggi.

 

Beberapa manfaat angkak adalah sebagai berikut:

1. Kandungan monacolin pada angkak efektif untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida

2. Para ilmuwan di Cina dan Amerika Serikat mengembangkan angkak sebagai produk untuk membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida

 

Namun demikian, ternyata belum ada penelitian yang meneliti efek konsumsi angkak jangka panjang. Oleh karena itu, meskipun angkak memang dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol, namun Anda disarankan tetap harus melakukan olahraga dan menghindari makanan yang berkolesterol tinggi supaya Anda sehat lebih lama dan memiliki gaya hidup yang sehat.

 

Salam sehat!

 

Source:

webmd.com/cholesterol-management/red-yeast-rice

medicinenet.com/red_yeast_rice_and_cholesterol/article.htm

Diakses pada 24 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *