Kenali Mitos Seputar Diet untuk Penderita Diabetes

19 August 2015

Gula seringkali dituduh sebagai penyebab diabetes yang utama. Lantas, benarkah gula merupakan satu-satunya penyebab diabetes? Apakah diet rendah kalori merupakan solusi utama diabetesi untuk mengontrol gula darah? Berbagai pertanyaan dan mitos seputar diet untuk penderita diabetes timbul dari opini atau asumsi sebagian besar orang. Sebelum mempercayai mitos tersebut, sebaiknya Anda mencari tahu dulu kebenarannya. Berikut adalah beberapa mitos seputar diet untuk penderita diabetes dan kebenarannya.

 

Penderita Diabetes Harus Menjauhi Semua Gula dan Makanan Manis
Konsumsi gula berlebih memang tidak baik bagi penderita diabetes maupun non-diabetes. Penderita diabetes tetap dapat menikmati makanan manis yang menggunakan gula rendah kalori  dengan porsi yang cukup.

Segala Jenis Makanan Putih = Buruk
Tidak semua jenis makanan bewarna putih tidak baik dikonsumsi para diabetesi saat diet. Sayuran putih seperti kembal kol dan bawang putih sangat baik untuk dikonsumsi karena rendah kalori dan kaya akan serat

Karbohidrat Buruk untuk Penderita Diabetes
Asupan karbohidrat sangat mempengaruhi kadar gula darah. Namun, tak semua jenis karbohidrat buruk untuk penderita diabetes. Beberapa pakar diet menyarankan diabetesi untuk mengganti sumber karbohidratnya dari roti gandum, nasi merah, dan oat sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat.

Diet Tinggi Protein Lebih Baik Dibanding Karbohidrat
Apakah diet tinggi protein lebih baik daripada karbohidrat? Jawabannya tergantung sumber protein dan karbohidratnya. Karbohidrat yang kaya akan serat dan protein yang rendah lemak merupakan pilihan terbaik untuk menerapkan pola hidup sehat

 

Mitos-mitos yang beredar seputar diet untuk penderita diabetes belum tentu benar. Sebaiknya, berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau ahli gizi sebelum menjalankan diet untuk diabetes.

 

 

Source:
everydayhealth.com/columns/type-two-and-you/top-diabetes-diet-myths-exposed/
healthmonitor.com/diabetes/type-2-basics/written-article/ignore-these-myths-better-blood-sugar-control
webmd.com/diabetes/10-diabetes-diet-myths
Diakses pada 8 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *