Kenali Mitos Keliru Seputar Penyakit Jantung

30 October 2015

Apa yang Anda ketahui tentang penyakit jantung? Apakah Anda yakin beberapa paparan mengenai penyakit jantung yang Anda dengar “benar” adanya? Mengandalkan asumsi yang tidak akurat dapat membahayakan kesehatan Anda. Oleh karenanya, Anda harus mencari tahu tentang kebenaran asumsi tersebut.

 

Ada beberapa mitos umum seputar penyakit jantung yang kurang tepat bahkan tidak benar sama sekali, antara lain adalah:

Penyakit jantung terjadi di umur tua

Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. Studi yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association memaparkan penyakit ini kini dialami pada orang di usia muda, tekanan darah yang tinggi menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung usia muda.

 

Penyakit jantung karena faktor genetik tidak bisa dicegah

Meskipun orangtua atau kakek-nenek Anda memiliki penyakit jantung, Anda tetap dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit ini, seperti berhenti merokok dan menjalankan pola hidup sehat.

 

Penyakit jantung pasti ditandai dengan rasa nyeri di dada

Penyakit jantung tidak selalu ditandai dengan rasa nyeri di dada. Gejalanyq dapat tidak terlalu kentara seperti sesak nafas, mual, pusing, dan ketidaknyamanan di tangan.

 

Stop olahraga untuk menghindari serangan jantung

Justru dengan berolah raga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. American Heart Association menyarankan penderita penyakit jantung untuk berolahraga setidaknya 2,5 jam setiap minggu namun tetap dalam pengawasan dokter agar tidak terlalu berlebihan.

 

Minum penurun kolesterol pasti bebas penyakit jantung

Konsumsi obat penurun kolesterol memang akan membantu Anda menurunkan kolesterol di dalam darah. Akan tetapi, bukan berarti Anda menjadi bebas makan makanan tidak sehat sambil mengonsumsi obat. Obat bekerja membantu tubuh Anda bekerja lebih baik, selebihnya dikendalikan dari pola hidup dan olah raga yang Anda lakukan.

 

 

Tidak semua asumsi mengenai penyakit jantung  itu benar. Sebelum mempercayainya, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada dokter jantung Anda. Stay healthy !

 

 

 

Source:

emedicinehealth.com/heart_disease_prevention_myths-health/article_em.htm

everydayhealth.com/columns/paging-dr-gupta/what-are-the-most-common-heart-health-myths/

heart.org/HEARTORG/Conditions/Top-10-Myths-about-Cardiovascular-Disease_UCM_430164_Article.jsp

Diakses pada 3 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *