Kenali Apa Saja Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi

24 June 2015

Ketika Anda memutuskan untuk menganut gaya hidup sehat, itu artinya Anda harus cermat memilih makanan yang akan masuk ke perut Anda. Hidup sehat juga bergantung pada makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memilih makanan sehat dan menjauhi makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Bagi diabetesi, Anda wajib mengkonsumsi makanan yang berkalori rendah. Namun, bagi Anda yang bukan merupakan diabetesi, tidak ada salahnya jika Anda juga turut mengonsumsi makanan rendah kalori. Mencegah lebih baik dari pada mengatasi kan?

 

Bagi diabetesi ataupun Anda yang bukan diabetesi, usahakan untuk memperhatikan indeks glikemik pada setiap makanan yang dikonsumsi, pilihlah makanan dengan indeks glikemik yang rendah seperti oat, roti gandum, dan sayur-sayuran untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Selain itu, memperhatikan pula kalori yang terkandung dalam makanan tersebut. Sebagai panduan untuk memulai pola makan yang sehat, berikut adalah daftar makanan rendah kalori yang baik untuk menggantikan makanan yang biasa Anda konsumsi:

1. Ubah kebiasaan mengkonsumsi junk food seperti pizza atau hamburger dengan mengkonsumsi kudapan sehat dari buah-buahan seperti pir, pisang, ataupun jeruk.
2. Karbohidrat utama seperti nasi putih, bisa digantikan dengan karbohidrat yang memiliki kalori lebih rendah seperti nasi merah.
3. Hindari cemilan manis seperti permen, gantilah dengan cemilan sehat seperti salad buah dan sayur.
4. Sarapan dengan roti tawar dan selai manis yang tinggi kalori, dapat diganti dengan roti gandum menggunakan selai bebas gula.
5. Konsumsi susu low-fat untuk mengganti susu full cream yang kaya lemak dan gula.

Kebiasaan menikmati secangkir kopi atau teh dengan gula pasir, dapat diubah dengan mengkonsumsi kopi dan teh tanpa gula atau menggunakan gula yang rendah kalori.

Di daftar makan rendah kalori, disebutkan bahwa susu juga sangat baik untuk dikonsumsi. Mengapa? Karena susu adalah sumber kalsium dan fosfor bagi tubuh manusia. Selain itu, susu juga mengandung banyak vitamin, seperti A, D, E dan K. Ketika Anda mengganti susu full cream yang biasa Anda minum dengan susu low-fat, Anda tak perlu khawatir tidak mendapat gizi yang sama. Kandungan gizi di kedua susu tersebut sama, hanya saja susu low-fat lebih rendah lemak dan kalori.

 

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat memang diperlukan usaha yang cukup keras. Makanan sehat tidak selalu memiliki rasa yang kurang lezat. Jika Anda dapat mengolahnya dengan tepat, maka rasanya pun tidak kalah enak dengan makanan kurang sehat yang biasa Anda konsumsi.

 

 

Sumber:

- tropicanaslim.com/beda-makanan-beda-efek-terhadap-kadar-gula-darah

- tropicanaslim.com/menggali-kekayaan-susu


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *