Kembalikan Kebugaran Setelah Terkena Serangan Jantung

10 February 2016

Serangan jantung pertama adalah gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai. Pasalnya, pasca terkena serangan jantung, Anda harus melatih kekuatan jantung agar pulih seperti sedia kala. Tubuh yang terasa lemah setelah terkena serangan jantung juga dapat kembali bugar dengan melakukan beberapa aktivitas tertentu.

 

Olahraga adalah salah satu cara menghindari gejala penyakit jantung  dan memulihkan tubuh setelah terkena serangan jantung. Namun, bila Anda pernah terkena serangan jantung, Anda harus berhati-hati dalam memilih olahraga yang aman. Berikut adalah tips untuk memulihkan kebugaran tubuh pasca serangan jantung:

 

1. Pilih Olahraga yang Melatih Seluruh Bagian Tubuh

Pastikan Anda melakukan olahraga yang menggunakan seluruh bagian tubuh, seperti berenang, berjalan kaki, dan bersepeda. Di samping melatih kesehatan jantung, olahraga yang menggunakan seluruh bagian tubuh juga dapat menjaga berat badan tetap seimbang dan mengurangi stres. Lakukan olahraga secara rutin untuk memulihkan kebugaran tubuh dan kesehatan jantung dengan intensitas ringan hingga sedang.

 

2. Hindari Olahraga yang Berbahaya Bagi Jantung

Biasanya, 6-12 minggu setelah terkena serangan jantung, dokter akan menyarankan Anda untuk tidak melakukan olahraga yang berbahaya. Olahraga seperti angkat beban dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

 

3. Lakukan Pekerjaan Rumah untuk Proses Rehabilitasi

Rehabilitasi jantung dapat dilakukan di dalam rumah. Anda bisa melakukan pekerjaan rumah yang ringan, seperti mencuci piring atau mengepel lantai. Hindari kegiatan mengangkat beban berat, menggeser furniture atau mengelap jendela yang penuh debu untuk mencegah gejala penyakit jantung datang kembali.

 

4. Ubah Gaya Hidup yang Buruk

Tinggalkan kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak jika Anda pernah mengalami serangan jantung. Perhatikan juga pola makan sehat Anda dan makanan yang hendak dikonsumsi.

 

Serangan jantung dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, setelah terkena serangan jantung yang pertama, segera pulihkan kondisi tubuh Anda dan hindari faktor pemicu timbulnya serangan jantung.

 

 

Source:

my.clevelandclinic.org/services/heart/home-recovery/interventional-procedures/exercise-activity-after-heart-attack

everydayhealth.com/heart-disease-photos/getting-active-after-a-heart-attack.aspx#01

webmd.com/heart/news/20140812/for-heart-attack-survivors-more-exercise-isnt-always-better-study-says

Diakses pada 27 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *