Keajaiban Oat Untuk Diabetes

15 January 2010

Sarapan apa Anda pagi ini? Nasi goreng? Nasi uduk? Sandwich? Atau oat? Jika Anda sudah menyertakan oat sebagai bagian dalam menu harian Anda, berarti pilihan menu untuk hidup sehat Anda sudah tepat. Mengapa? Saat ini, oat sudah banyak dikenal sebagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Ternyata oat juga memiliki manfaat berlipat ganda untuk para penderita diabetes, mulai dari membantu mengatur kadar gula darah, membantu mengatur berat badan, serta membantu menjaga kesehatan jantung. Tertarik?

 

Oat dan Kadar Gula Darah

Manfaat oat yang sangat penting bagi penderita diabetes adalah membantu mengatur kadar gula darah. Hasil penelitian yang tercantum pada Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa beta-glucan pada oat dapat membantu mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah secara drastis pada penderita diabetes setelah makan. Mekanisme pasti di balik kehebatan oat ini belum diketahui dengan jelas, namun diyakini berhubungan dengan penghambatan penyerapan zat-zat makanan (termasuk gula) oleh serat pada oat.

Penelitian lain yang dilakukan oleh para ahli dari University of Texas Southwestern Medical Center juga membuktikan hasil yang serupa. Hasil penelitian yang tercantum pada New England Journal of Medicine ini menyatakan bahwa serat makanan (seperti beta-glucan pada oat ) dapat membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini penting agar tidak terjadi peningkatan dan penurunan kadar gula darah secara drastis sebelum dan sesudah makan.

 

Oat dan Pengaturan Berat Badan 

Konsumsi serat makanan juga dapat membantu pengaturan berat badan pada penderita diabetes. Hasil penelitian yang tercantum pada Diabetes Research and Clinical Practice menunjukkan bahwa menambahkan serat makanan pada produk pengganti makan khusus penderita diabetes dapat membantu meningkatkan rasa kenyang hingga 27,1%. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi selanjutnya dan mengurangi rasa lapar yang timbul 2 dua jam sesudah makan. Jangan lupa bahwa menjaga berat badan sangatlah penting bagi penderita diabetes untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

 


Oat
dan Kesehatan Jantung

Manfaat oat yang sudah banyak diketahui, yaitu untuk kesehatan jantung. Hasil penelitian yang tercantum pada Nutrition Journal menyatakan bahwa beta-glucan yang terkandung di dalam oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, dan dengan demikian turut menurunkan risiko hipertensi pada mereka yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Manfaat oat ini juga dibuktikan oleh penelitian lain, seperti tercantum pada Cochrane Database of Systemic Reviews , yang menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi oat secara rutin ternyata memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah. Nah, manfaat oat untuk kesehatan jantung ini sangatlah penting bagi penderita diabetes karena penderita diabetes memiliki tingkat risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, seperti tercantum pada Archives of Gerontology and Geriatrics.

Bagi penderita diabetes, dapatkan manfaat berlipat ganda dari oat. Anda dapat mengonsumsi Diabetamil rasa coklat yang telah diperkaya dengan serat oat. Sebagai tambahan camilan, pilihlah camilan yang juga mengandung serat oat, seperti Diabetamil Cookies.



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *