Kacang Identik dengan Lemak? Ah, Tidak Kok!

15 December 2015

Banyak orang yang menghindari konsumsi kacang-kacangan ketika menjalankan diet rendah lemak. Kacang memang mengandung lemak dan dapat meningkatkan risiko obesitas bila dikonsumsi secara berlebihan. Akan tetapi, mengonsumsi kacang dalam porsi yang tepat malah menjadi cara mengatasi kolesterol  yang ampuh mengecilkan ukuran celana Anda, lho.

 

Mengapa demikian?

 

Salah satu jenis kacang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah almond. Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan pada International Journal of Obesity menyatakan bahwa orang-orang pada kelompok diet dengan konsumsi almond mengalami penurunan berat badan yang lebih signifikan daripada kelompok diet yang hanya mengonsumsi karbohidrat kompleks.

 

Kandungan lemak sehat monounsaturated fat yang terdapat pada kacang almond mampu membantu meminimalkan risiko penyakit jantung dan menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin E pada almond juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan kulit Anda, lho.

 

Meskipun kaya akan kandungan vitamin dan lemak baik, konsumsi almond tetap harus dilakukan dengan cara yang sehat untuk mendukung diet rendah lemak Anda. Kacang almond panggang bisa menjadi alternatif camilan sehat di sore hari atau sesaat sebelum menjalankan aktivitas fisik. Kacang-kacangan memang salah satu jenis makanan yang berlemak, tapi bukan berarti tidak boleh dikonsumsi saat menjalankan diet rendah lemak . Sebaiknya, hindari pengolahan kacang dengan proses digoreng untuk mencegah peningkatan kandungan lemak jahat pada kacang.

 

Anda bisa memanggang kacang almond atau jenis kacang lainnya untuk persediaan di rumah. Dengan proses pengolahan yang mudah dan kandungan gizi yang maksimal, kacang-kacangan pun bisa menjadi alternatif camilan sehat bagi Anda keluarga.

 

Sources :

everydayhealth.com/diet-and-nutrition/0406/why-you-should-go-nuts-for-nuts.aspx#03

whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=20 sumber bukan honcode

healthizen.com/diet-nutrition/health-benefits-of-almonds.aspx

Diakses pada : 5 Mei 2015 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *